Mes Persibat Batang Disiapkan untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 - 17:15 WIB
Mes Persibat Batang Disiapkan untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19
Bupati Batang Wihaji di dampingi Kepala Dinkes dr Mukhlasin dan Kepala Dispora Wahyu Budi Santoso mengunjungi Mes Persibat Batang yang disiapkan untuk RS Darurat, Kamis (26/3/2020). FOTO : Dok Humas Pemkab Batang
A A A
BATANG - Bupati Batang Wihaji terus berupaya melakukan langkah - langkah antisipasi dengan skenario darurat dalam penangangan wabah virus corona jenis baru, Covid-19.

Salah satunya menyiapkan rumah sakit darurat sebagai tempat isolasi untuk pasien darurat covid-19. Tempat isolasi tersebut rencananya menggunakan mes Persibat ( Persatun Sepak Bola Batang) yang berada di Jalan Letjen Suprapto Batang.

"Mes Persibat kita survei yang nantinya sebagai salah satu tempat isolasi pasien dalam pengawasan (PDP), jika ada kejadian luar biasa Covid-19," jelas Bupati Batang Wihaji saat survai mes Persibat Batang, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan, fasilitas mes cukup komplit terdapat kamar mandi dan ruanganya menggunakan AC. Selain itu, gedung mes Persibat mampu menampung minimal 24 pasien dengan 12 kamar.

"Dinas Kesehatan masih menghitung kebutuhan para medisnya, alat pelindung diri, kita juga rencananya membuka pendaftaran relawan bagi perawat dan bidan untuk ditugaskan ditempatkan di Rumah Sakit Darurat, karena tidak meungkin mengambil petugas dari Puskesmas dan Rumah Sakit," jelasnya.

Penyiapan tempat isolasi tersebut juga telah mendapatkan support dari DPRD, sehingga di harapkan nantinya mendapat supporting anggaran, karena kebutuhanya tidak sedikit.

Wihaji menambahkan, hingga saat ini perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Batang ada 51 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) ada 6 orang, tiga di RSUD Kalisari Batang dan tiga di Rumah Sakit QIM. "Darai enam orang PDP berasal dari Kecamatan Limpung, Subah dan Tulis,"ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso menerangkan, Mes Persibat merupakan fasilitas Pemkab Batang yang dipinjam oleh PT Persibat. Karena belum bergulirnya musim pertandingan sehingga keberadaan mes di gunkan oleh Pemkab.

"Anjuran Pemerintah pusat agar pemerintah daerah harus menyiapkan sarana prasarana untuk langkah - langkah darurat untuk isolasi, karena mes Persibat fasilutasnya representatif maka akan digunkan sebagai rumah sakit darurat," jelas Wahyu.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7978 seconds (0.1#10.140)