alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lepas Kepergian dari Pinggir Jalan, Warga Kenang Kebaikan Ibunda Jokowi

Wahyu Endro
Lepas Kepergian dari Pinggir Jalan, Warga Kenang Kebaikan Ibunda Jokowi
Ratusan orang berjajar di pinggir jalan sekitar pemakaman di Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar melepas kepergian ibunda Presiden Jokowi, Kamis (26/3/2020) siang. FOTO/iNews/WAHYU ENDRO

KARANGANYAR - Masyarakat yang berniat takziah atau melayat mendiang Sudjiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo, sejak awal telah diimbau untuk memanjatkan doa dari rumah. Mereka diminta untuk tidak keluar rumah di tengah pandemi virus corona jenis baru, Covid-19.

Meskipun begitu, ratusan orang terlihat berjajar di pinggir jalan sekitar pemakaman keluarga Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang, melepas kepergian ibunda orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Ratusan orang itu mulai berjejer di pinggir jalan jurusan Solo-Purwodadi dari sekitar pukul 11.00-15.00 WIB. Mereka rela menunggu berjam-jam hingga Presiden Jokowi keluar usai mengikuti prosesi pemakaman sang ibunda. Meski telah diimbau untuk mendoakan almarhumah dari dalam rumah, tapi sosok Sudjiatmi yang dikenal sebagai sosok ramah dan sederhana membuat warga tetap ingin melepas kepergiannya.



Salah satu warga Gondangrejo, Wati Sulastri mengaku menyempatkan diri hadir di Dusun Mundu untuk sekedar melepas kepergian Eyang Noto, sapaan akrab Sudjiatmi. Dirinya yang pernah bekerja di keluarga mendiang mengaku sangat terkenang dengan sosok yang sederhana dan ramah kepada semua orang.

"Ibu Sudjiatmi sosok yang sederhana dan ramah. Saya pernah bekerja dengan besan beliau. Almarhumah kalau ketemu mesti menyapa mengajak ngobrol dan sering kasih hadiah," tutur Wati.

Beberapa warga lain mengaku sengaja hadir meski ada imbauan virus corona. Mereka berjanji akan menjaga kebersihan usai pulang dari makam. Selain itu, bagi warga takziah merupakan salah satu bagian dari adat istiadat.

"Apalagi Bu Sudjiatmi itu baik, tiap tahun bagi-bagi sembako ke warga di sekitar sini. Almarhumah turun sendiri ketemu warga," katanya.

Makam ibunda Jokowi sendiri berada di kompleks Pemakaman Umum Dusun Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar. Di lokasi tersebut sejumlah anggota keluarga Jokowi dimakamkan. Almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo dimakamkan bersebelahan dengan suaminya yang juga ayah Presiden Jokowi, Widjiatno Notomiharjo.



(amm)