Menhan Prabowo Beri Penghormatan Terakhir Kepada Almarhum Djoko Santoso

Minggu, 10 Mei 2020 - 14:15 WIB
loading...
Menhan Prabowo Beri Penghormatan Terakhir Kepada Almarhum Djoko Santoso
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat tiba di rumah duka almarhum mantan Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). Foto/SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (10/5/2020). Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman Sandiego Hills, Karawang, Jawa Barat, siang ini.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan penghormatan langsung di rumah duka, Jalan Bambu Apus Raya Nomor 100 RT 9 RW 3, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Prabowo yang tiba bersama pengurus Partai Gerindra merasa kehilangan sosok Djoko Santoso. Djoko yang pernah menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Pilpres 2019 diakuinya menjadi bagian penting Partai Gerindra. ( )

"Kita prihatin, kita lepas beliau dengan penuh kehormatan. Beliau seorang prajurit yang hebat," kata Prabowo di rumah duka.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono mengungkapkan selain Prabowo para kader dan pengurus Partai Gerindra juga akan turut serta mengantarkan Djoko Santoso ke tempat peristirahatan terakhirnya di Sandiego Hills, Karawang Jawa Barat.

"Sebagian besar kader rencananya akan hadir saya belum tahu pastinya siapa siapa saja tetapi pasti akan ada karena beliau adalah seorang kader partai senior," katanya. ( )

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan menjadi inspektur upacara (Irup) pemakaman Djoko Santoso yang dilakukan secara militer. Sebelum diberangkatkan, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa akan memimpin upacara pelepasan jenazah Djoko Santoso.

"Nanti di sini (rumah duka) Irup-nya KSAD. Nanti di Sandiego Hills juga upacara militer, Irup-nya Panglima TNI," ujar Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) I/Jakarta, Brigjen TNI Syafruddin di rumah duka, Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020).

Syafruddin mengungkapkan bahwa dalam prosesi upacara pemakaman nanti tetap mengikuti protokol kesehatan dalam mengantisipasi Covid-19. "Biasanya kalau Panglima TNI, protapnya (prosedur tetap) itu pasukannya satu kompi atau 120 orang. Kalau ini hanya 40 orang. Jadi jarak antara anggota peserta upacara dua meter," ungkapnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)