alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Presiden Jokowi Antarkan Ibunda ke Peristirahatan Terakhir

Ary Wahyu Wibowo
Presiden Jokowi Antarkan Ibunda ke Peristirahatan Terakhir
Presiden Jokowi beserta keluarga berdoa di samping makam ibundanya, Sudjiatmi Notomiharjo ke Pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang. FOTO/Setpres/Agus Suprapto

KARANGANYAR - Prosesi pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo di pemakaman Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar berlangsung khidmat, kamis (26/3/2020) siang. Jenazah dikebumikan di samping pusara suaminya, almarhum Widjiatno Notomiharjo.

Jenazah Eyang Noto, panggilan akrab almarhumah, dibawa dari rumah duka di Jalan Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo ke Karanganyar dengan menggunakan mobil ambulans. Ikut mengiringi di belakangnya empat mobil yang berisi keluarga besar Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 13.00 WIB, rombongan sampai di lokasi pemakaman. Peti jenazah digotong oleh Paspampres menuju kompleks pemakaman yang sudah dilengkapi tenda untuk para pelayat. Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka terlihat membawa foto almarhumah Eyang Noto.



Presiden Jokowi yang sampai kompleks pemakaman terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun dan menyiram kakinya dengan air. Sementara para pelayat yang datang ke pemakaman disemprot dengan cairan disinfektan yang sudah disiapkan petugas.

Terlihat hadir di pemakaman, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan sejumlah pejabat lainnya. Prosesi pemakaman berlangsung seperti masyarakat pada umumnya, dan hanya diikuti sejumlah keluarga, serta kerabat dekat.

Masyarakat umum sebelumnya telah diminta untuk mendoakan dari rumah dan tidak perlu datang ke rumah duka atau lokasi pemakaman untuk melayat. Hal itu untuk mencegah kerumunan yang beresiko terhadap penyebaran virus corona.

Sekitar pukul 13.45 pemakaman selesai dan Presiden kembali ke kediaman di Kelurahan Sumber kecamatan banjarsari Solo. Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia karena sakit.

Sudjiatmi sejak empat tahun terakhir menderita sakit kanker. Sudjiatmi meninggal dunia Rabu (25/3/2020) sore sekitar pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo. Perempuan kelahiran 15 februari 1943 ini wafat dalam usia 77 tahun.  Sudjiatmi memiliki empat orang anak. Yakni Joko Widodo, Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik Ritawati. Sudjiatmi juga memiliki sembilan cucu dan tiga cicit.



(amm)