Lapas Cebongan Sleman Tiadakan Kunjungan Napi, Diganti Video Call

Rabu, 25 Maret 2020 - 13:20 WIB
Lapas Cebongan Sleman Tiadakan Kunjungan Napi, Diganti Video Call
Lapas Cebongan Sleman menyedikan fasilitas video call bagi warga binaan sebagai penganti kunjungan keluarga di ruang besuk. FOTO/Dok. Lapas Cebongan
A A A
SLEMAN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cebongan Sleman untuk sementara waktu meniadakan kunjungan warga binaan, baik tahanan, narapidana (napi), dan anak. Kebijakan ini untuk mencegah penyebaran dan menjaga warga binaan dari virus corona jenis baru, Covid-19.

Kebijakan meniadakan kunjungan warga binaan tersebut diberlakukan sejak 19 Maret 2020 hingga 1 April 2020. Sebagai gantinya, ada fasilitasi layanan video call untuk menghubungi anggota keluarga mereka.

Kepala Lapas (Kalapas) Sleman, Gunarto mengatakan, ada lima alat video call yang dipasang di ruang kunjungan lapas Cebongan. Fasilitas ini sama dengan jam kunjungan, yaitu Senin-Kamis, mulai pukul 08.00 sampai denga 12.45 WIB. Namun setiap warga binaan dibatasi memakai video call maksimal 5 menit.

"Karena ini sudah disosialisasikan, maka tidak ada warga binaan yang protes. Warga binaan justru menyambut positif adanya fasilitas video call, sebab sangat membantu merka yang keluarganya jauh dan jarang dijenguk," katanya di sela-sela penyemprotan Lapas Cebongan, Rabu (25/3/2020).

Gunarto menjelaskan, untuk mekanisme pengunaan video call ini, warga binaan mendaftar ke petugas di setiap blok hunian masing-masing. Selanjutnya petugas akan mengatur jadwal video call warga binaankepada keluarganya.

"Kebijakan menindakan kunjungan warga kunjungan ini akan kami kaji lagi. Namun kami masih menununggu petunjuk," katanya.

Menurut Gunarto, di Lapas Cebongan saat ini dihuni 284 warga binaan. Waktu kunjungan Senin-Kamis mulai pukul 08.00-12/45 WIB. Senin-Rabu bagi tahanan, Selasa-Kamis bagi napi. Rata-rata ada 100 keluarga yang mengunjungi warga binaan.

Lapas Cebongan Sleman telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah virus corona, yakni menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan lingkungan Lapas hingga kamar warga binaan. Selain itu juga menyediakan hand sanitizer di lingkungan Lapas serta memberikan pemahaman kepada para warga binaan agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

"Untuk menjaga kesehatan warga binaan juga dengan mengadakan senam setiap pagi dan berjemur dibawah matahari," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3933 seconds (0.1#10.140)