Lagi, Hujan-Angin Tumbangkan Pohon dan Rusak Rumah

Jum'at, 01 Maret 2019 - 21:41 WIB
Lagi, Hujan-Angin Tumbangkan Pohon dan Rusak Rumah
Hujan beserta angin kencang yang terjadi Jumat (1/3/2019) siang menyebabkan pohon tumbang menimpa jaringan listrik di Macansan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. FOTO/Dok BPBD Sleman
A A A
YOGYAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Yogyakarta, Bantul dan Sleman, Jumat (1/3/2019) siang hingga sore menyebabkan pohon di beberapa titik tumbang dan merusak beberapa rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mencatat di wilayah Yogyakarta pohon tumbang terjadi di dua titik dan atap rumah seng rusak di satu titik. Wilayah Bantul pohon tumbang terjadi di 11 titik dan atap rumah rusak di satu titik. Untuk wilayah Sleman, pohon tumbang terjadi di empat titik dan atap rumah rusak satu titik.

Pohon tumbang di wilayah Yogyakarta terjadi di parkir Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembiroloka, Rejowinangung, Kotagede dan Taman, Wirobrajan serta di Serangan, Ngampilan merusak atap rumah seng. Pohon tumbang di Bantul terjadi di komplek AAU Blok Q, Blok P, Blok F, halaman parkir RSPAU Harjolukito, Wonocatur dan Maguwo, Banguntapan serta Jalan Wates Km 2, Kadipiro dan Sambikerep, Bangunjiwo, Kasihan. Di komplek AU Blok P lama sejumlah rumah juga dilaporkan rusak.

Di Sleman pohon tumbang terjadi di Kuweron, Candibinangun, Pakem dan merusak atap rumah di Sudimoro, Purwobinangun, Pakem, di Kalimanjung dan Mancasan Kanigoro, Ambarketawan serta di Temuwuh, Balecatur, Gamping.

Pohon tumbang tidak hanya melintang di jalan namun juga menimpa jaringan listrik dan bangunan rumah. Seperti di pakir KRKB Rejowinangun, Kotagede pohon menimpan tembok pembatas rumah dan di Taman, Wirobrajan menimpa makam.

Kemudian di parkiran RSPAU Hardjo Lukito, Bangungtapan menimpa dua mobil yang sedang parkir, komplek Blok P Baru menimpa jaringa
listrik di Wonocartur, menimpa rumah milik Priyo Cahyono, Sutikmoro dan Dewi, Komplek AU Blok P lama menimpa kediaman Rudy Hartono Blok F menimpa rumah Letkol Urip Widodo dan Mayor Habibi. Di Kadipiro, Ngestharjo, menimpa jaringan listrik dan di Sambikerep, Bangunjiwo menimpa rumah Sukardi.

Pohon tumbang di Kuweron, Candibinangun, Paken menimpa ruang tamu dan teras rumah Martinah. Sedangkan di Kalimanjung dan Mancasan Kanigoro, Ambarketawan serta di Temuwuh, Balecatur, Gamping menimpa jaringan listrik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan sebagai tindaklanjut atas kejadian tersebut, tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman bersama Babinsa, relawan dan warga setempat langsung melakukan assesmen dan mengkondisikan lokasi. "Tim bersama relawan, warga dan babinsa langsungmembersihkan pohon yang tumbang tersebut," jelasnya. (Baca Juga: Hujan Disertai Angin Kencang Landa DIY, Pohon dan Tiang Listrik Ambruk(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8422 seconds (0.1#10.140)