Ujian Nasional Resmi Dihapus Mulai Tahun Ini

Selasa, 24 Maret 2020 - 13:45 WIB
Ujian Nasional Resmi Dihapus Mulai Tahun Ini
Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan meniadakan ujian nasional (UN) untuk tahun 2020. FOTO/DOK.SINDOphoto/EKO PURWANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan meniadakan ujian nasional (UN) 2020 sebagai bagian dari menekan penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19. Penghapusan UN ini berarti lebih cepat setahun karena sebelumnya telah disepakati baru dimulai pada 2021.

"Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah COVID-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respons COVID-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha,"kataJuru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman melalui siaran persnya, Selasa (24/3/2020).

Dia mengatakan peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing atau pembatasan sosial untuk memotong rantai penyebaran virus Corona. Penegasan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas dengan pembahasan UN. (Baca Juga: Corona Belum Terkendali, Ujian Nasional SD-SMA Ditiadakan)

"Ujian Nasional ditiadakan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI)," paparnya.

Fadjroel menambahkan kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing. Di antaranya kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9608 seconds (0.1#10.140)