Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulonprogo Tebar 6.000 Benih Ikan

Minggu, 22 Maret 2020 - 18:03 WIB
Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Kulonprogo Tebar 6.000 Benih Ikan
PDAM Tirta Binangun melakukan tebar 6.000 benih ikan nila di Sungai, Ngrancah, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Jumat (22/3/2020). FOTO: iNews.id/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun, Kulonprogo melakukan tebar 6.000 benih ikan nila di Sungai, Ngrancah yang ada di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Jumat (22/3/2020).

Selain untuk memperingati Hari Air Sedunia, juga untuk mengembalikan habitat alaminya. Sungai ini beberapa waktu lalu sempat tercemari dari limbah buangan pengolahan air PDAM.

Direktur Utama PDAM, Kulonprogo Jumantoro, mengatakan tebar benih ikan ini dilakukan tepat pada peringatan Hari Air Sedunia yang hari ini 22 Maret 2020. Mereka melakukan penebaran 6.000 benih ikan nila.

“Dalam rangka Hari Air Sedunia ini, kita tebar 6.000 bibit ikan nila di sini,” tutur Jumantoro disela tebar benih ikan, Minggu (22/3/2020).

Sebagai perusahaan daerah yang bergerak dalam pengelolaan air bersih, kata dia, PDAM Kulonprogo selalu menggelar peringatan hari air. Hanya kegiatannya selalu berbeda disesuaikan dengan kondisi yang ada. Mulai dari revitalisasi mata air dengan reboisasi, hingga hari ini penebaran benih ikan.

Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga ekosistem ikan di Sungai Serang. Sungai Serang dikenal memiliki ikan yang cukup melimpah. Sehingga dilakukan penebaran di Sungai Ngrancah yang nantinya akan berhulu di Sungai Serang.

“Ini untuk menjaga ekosistem ikan dan harapannya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat,”jelasnya.

Ikan nila dipilih karena memiliki habitat dan dengan cepat bisa berkembang biak. Sehingga ekosistem yang ada akan bisa terjaga dan ketersediaan air baku bisa dipertahankan.

Penebaran ini tidak lepas kejadian beberapa waktu lalu. Dimana ada kebocoran saluran pembuangan chlorine yang mengakibatkan Sungai Ngrancah tercemar dan banyak ikan mati.

“Semoga ini bisa menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem yang ada,”terangnya.

Seorang warga Hargowilis, Sujoko mengaku sedang dengan adanya penebaran benih ikan. Sungai Ngrancah yang berada di bawah pintu air Sermo banyak menjadi habitat ikan-ikan. Sehingga dengan penebaran ini akan menjadikan stok ikan semakin banyak.

"Semoga benih ikan ini bisa berkembang, dan bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8647 seconds (0.1#10.140)