Solo dan Semarang Diprioritaskan untuk Rapid Test Covid-19

Jum'at, 20 Maret 2020 - 21:07 WIB
Solo dan Semarang Diprioritaskan untuk Rapid Test Covid-19
Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, prioritas rapid test corona akan dilakukan di Solo dan Semarang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengaku siap jika mekanisme opsi rapid test (uji cepat) Covid-19 jadi ditempuh oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, prioritas tes dilakukan di Solo dan Semarang.

"Prioritasnya ya setidaknya Solo dan Semarang. Itu dilihat dari hasil penelusuran (positif Corona). Kalau ada (alat tes cepat) ya kita prioritaskan dulu (Solo dan Semarang)," kata Ganjar seusai memimpin rapat dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah, Jumat (20/3/2020).

Ia mengatakan, belum bisa mengetahui kapan tes tersebut akan dilakukan. Lantaran, hingga saat ini ia belum mendapatkan kabar terkait kapan alat tes cepat itu datang ke Indonesia. Jika sudah, maka Ganjar mengaku siap menerjunkan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikannya pada warganya yang diduga terjangkit Covid-19.

Namun, ia melihat dengan perkembangan seperti ini, wilayah seperti DKI Jakarta perlu mendapat prioritas tes cepat Covid-19.

"Laboratorium kita juga bisa bantu buat VTM (Virus Transport Medium), jadi kalau pemeriksaannya harus lebih detail lagi. Tinggal ada beberapa peralatan yang harus kita beli dari luar. Prioritas ya setidaknya Solo dan Semarang," imbuh Ganjar.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak pejabat di wilayahnya memberi contoh dengan memeriksakan diri sendiri. Lantaran, ketika seseorang dirinya tertular, gampang untuk melakukan isolasi dan pengobatan.

"Saya angkat jempol dengan Wali Kota Bogor Arya Bima. Langsung saya WA dia. Dia hebat karena mau deklarasikan diri. Kalau kena kan diisolasi dan diobati. Ketika sudah sembuh dia akan imun," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.5986 seconds (0.1#10.140)