Bupati Banyumas Akan Ubah Ciu Jadi Bahan Hand Sanitizer Tangkal Corona

Jum'at, 20 Maret 2020 - 17:41 WIB
Bupati Banyumas Akan Ubah Ciu Jadi Bahan Hand Sanitizer Tangkal Corona
Minuman keras (miras) tradisional jenis ciu di Banyumas bakal diolah menjadi bahan dasar untuk menangkal Covid-19. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
BANYUMAS - Minuman keras (miras) tradisional jenis ciu di Banyumas bakal diolah menjadi bahan dasar untuk menangkal Covid-19. Bila semula ciu hanya untuk mabuk-mabukan, kini disulap menjadi bahan dasar hand sanitizer.

Ide gemilang itu dilontarkan Bupati Banyumas Achmad Husein. Kelangkaan alkohol di tengah masyarakat yang panik akibat pandemi corona, memunculkan gagasan mengolah miras jenis ciu. Minuman itu banyak diproduksi oleh masyarakat Desa Wlahar, Kecamatan Wangon, Banyumas. Cairan memabukkan dengan kadar alkohol 20% itu akan ditingkatkan menjadi 70-90%.

Untuk mewujudkannya akan Husein menggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan (Puspitek). Bukan hanya untuk memberi edukasi, melainkan juga penyediaan alatnya. (Baca Juga: Dosen UGM Olah Daun Sirih Hijau Jadi Hand Sanitizer Herbal)

"Untuk membuat hand sanitizer sebanyak mungkin dengan botol-botol yang sederhana," kata Husein, Jumat (20/3/2020).

"Kalau hand sanitizer sebanyak mungkin saya bisa, karena sumber bahan bakunya sudah ada. Saya udah pesen ke Puspitek untuk meningkatkan kadar alkohol yang 20% menjadi 70%, 80%, 90%," katanya.

Untuk mencegah penularan virus corona, dua juga menyarankan warga untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Selain itu, menjaga jarak dari orang lain termasuk menghindari kerumunan.

"Jangan sentuhan dengan tangan kalau tidak yakin tangannya itu steril, bersih, dan cuci tangan dengan sabun atau atau pakai hand sanitizer. Ini selalu saya katakan demikian. Kemudian kalau berdekatan jangan dekat-dekat," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5952 seconds (0.1#10.140)