PMI Solo Kirim Relawan ke Lokasi Bencana Tsunami Selat Sunda

Rabu, 26 Desember 2018 - 19:30 WIB
PMI Solo Kirim Relawan ke Lokasi Bencana Tsunami Selat Sunda
Relawan PMI Solo yang diberangkatkan untuk membantu penanganan korban bencana tsunami Selat Sunda. FOTO/IST
A A A
SOLO - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo mengirimkan 10 personel guna membantu penanganan korban bencana tsunami Selat Sunda, Rabu (26/12/2018). Mereka akan bertugas di wilayah terdampak yang ada di Provinsi Banten.

Sekretaris PMI Solo Sumartono Hadinoto menjelaskan, relawan dan staf yang ditugaskan memiliki kompetensi di bidang medis maupun non medis. Selain itu, dua armada ambulans dan mobil double cabin turut dibawa untuk mobilisasi kegiatan tanggap darurat bencana.

"Para Relawan dan Staf yang diberangkatkan akan difokuskan untuk melakukan evakuasi, pengobatan dan assessment (pendataan lapangan) di daerah terdampak bencana," kata Sumartono Hadinoto di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/12/2018). (Baca Juga: Korban Tsunami Selat Sunda: 430 Meninggal, 159 Orang Masih Hilang
Pengiriman relawan dan bantuan telah seizin PMI Pusat, serta Provinsi Jawa Tengah. Untuk membantu korban bencana alam, khususnya di luar daerah, PMI Solo terlebih dahulu harus meminta izin kepada PMI Pusat. Seperti yang dilakukan saat kejadian bencana di Lombok dan Palu.

Selain memberikan penanganan medis, para relawan juga melakukan pendataan lapangan. "Sehingga ada laporan kepada PMI mengenai kebutuhan mendesak yang bisa segera dikirimkan dari Solo ke lokasi bencana," ungkapnya. PMI Solo juga menggalang dana untuk bencana. (Baca Juga: LPBI NU Jateng Kirim Relawan ke Lokasi Bencana Tsunami Selat Sunda(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2630 seconds (0.1#10.140)