Guru Besar UGM Positif Terinfeksi Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020 - 18:52 WIB
Guru Besar UGM Positif Terinfeksi Virus Corona
Wakil Rektor UGM Paripurna (tiga dari kanan) memberikan keterangan soal guru besar UGM Prof Iwan Dwi Prahasto positif Covid-19 di Gedung Bulat RSUP Dr Sardjito, Rabu (18/3/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Iwan Dwi Prahasto yang dirawat di RSUP dr Sardjito sejak Minggu (15/3/2020) dinyatakan positif Corona (Covid-19).

Kepastian ini didapatkan dari hasil uji swab satu pasien dalam pengawasan (PDP) RSUP Dr Sardjito dari Balitbangkes jakarta yang diterima Dinas Kesehatan DIY. Pengumuman publik telah disetujui keluarga, UGM, dan RSUP Dr Sardjito pun telah mengkonfirmasi hasil tersebut.

Sample swab tersebut dikirm ke Balitbangkes Senin (16/3/2020). Saat ini Prof Iwan Dwi Prahasto dirawat di ruang isolasi khusus RSUP Dr Sardjito.

"UGM memberikan dukungan sepenuhnya bagi perawatan beliau dan keluarganya. Kami selalu berkomunikasi dengan keluarga secara intensif dan keluarga sangat menghargai perhatian yang diberikan oleh kolega, kerabat dan media atas kondisi beliau," kata Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof Paripurna di Gedung Bulat RSUP Dr Sardjito, Rabu (18/3/2020).

Menurut Paripurna, saat ini keluarga mengharapkan pengertian dari seluruh kolega dan para awak media agar dapat ikut menjaga privasi pasien untuk mempercepat proses kesembuhan beliau.

"Kami juga berpesan agar kolega dan kerabat yang dalam waktu tiga minggu yang lalu bertemu dan melakukan kontak dekat dengan beliau agar dapat melakukan skrining di fasilitas kesehatan terdekat yang memberikan layanan diagnosis dan perawatan Covid 19," katanya.

Keluarga besar UGM dan siapa saja yang berhubungan dengan Prof Iwan dapat melakukan skrining di RSA UGM. Seluruh biaya untuk pemeriksaan ini semua ditanggung UGM.

Mengenai riwayat perjalanan, Paripurna mengaku belum mendapatkan informasi, sehingga belum bisa memberikan keterangan. Dalam kesempatan ini Paripurna juga membantah kabar kepala Pustral UGM Agus Taufik Mulyono juga dirawat di RSUP Dr Sardjito.

Plt Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishanto mengatakan hingga sekarang rumah sakitnya merawat 20 pasien dalam pengawasan (PDP). Dari jumlah ini 11 orang sudah pulang dan 9 orang masih dalam perawat. Di mana 2 orang hasilnya diketahui negatif dan dua orang positif sisanya lima orang masih menunggu konfirmasi.

"Untuk kondisi balita Covid-19 saat ini sudah membaik dan satu covid-19 masih perawatan doakan berangsur membaik," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2394 seconds (0.1#10.140)