alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Taklukkan Madrid, Barcelona ke Final Copa del Rey Enam Musim Beruntun

Shalahuddin
Taklukkan Madrid, Barcelona ke Final Copa del Rey Enam Musim Beruntun
Barcelona mencatat sejarah baru dengan melaju ke final Copa del Rey untuk enam musim beruntun seusai menghancurkan Real Madrid. Foto/REUTERS

MADRID - Barcelona melaju ke final Copa del Rey untuk enam musim beruntun. Tim besutan Ernesto Valverde ini mencatat sejarah baru tersebut setelah berhasil mengandaskan perlawanan Real Madrid pada leg kedua semifinal di Santiago Bernabeu, Rabu (27/2/2019) malam waktu lokal, atau Kamis (28/2/2019) dini hari WIB.

Luis Suarez menjadi bintang di laga itu dengan menyumbang dua gol dalam kemenangan 3-0 atau unggu agregat 4-1 setelah di leg pertama bermain imbang 1-1.

Barcelona melempem di babak pertama meski menguasai bola hingga 59%. Tak ada tembakan tepat ke gawang ataupun tembakan melebar yang tecipta. Justru Madrid yang mendapat sejumlah peluang melalui Vinicius Jr. Namun, ketangguhan kiper Marc-Andre ter Stegen membuat kedudukan 0-0 di babak pertama.



Memasuki babak kedua, Barcelona lebih menggeliat. Sejumlah serangan tercipta dan Luis Suarez berhasil memecah kebuntuan melalui gol pada menit ke-50 berkat kerjasama apik dengan Ousmane Dembele yang melepaskan umpan silang.

Serangan Pasukan Ernesto Valverde tak kendor meski unggul. Serangan berbahaya kembali terjadi dan menghasilkan gol bunuh diri Raphael Varane yang sundulannya justru mengoyak gawang Keylor Navas di menit ke-69.

Suarez memastikan kemenangan besar Barcelona melalui titik penalti di menit ke-73. Bermula Suarez yang lepas dari kawalan, dihadang Casemiro di kotak terlarang. Suarez terjatuh setelah kak kanannya diinjak Casemiro. Suarez yang menjadi algojo sukses mengonversi menjadi gol.

Barcelona menjadi tim pertama dalalm sejarah Copa del Rey yang mencapai enam final beruntun. Barcelona terbanyak mengoleksi gelar ini dengan 30 trofi, dan Madrid kedua dengan 19 gelar, di bawah Athletic Bilbao (23).

Di final Copa del Rey 2018/2019, Barcelona akan menantang pemenangan antara Valencia versus Real Betis yang leg kedua digelar Kamis (28/2/2019). Leg pertama, imbang 2-2.

Penguasan bola: Real Madrid: 49%, Barcelona: 51%.

Susunan pemain

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Reguilon; Luka Modric, Casemiro (Valverde 75), Toni Kroos; Lucas Vazquez (Bale 68), Karim Benzema, Vinicius (Asensio 81)
Cadangan: Courtois, Nacho, Bale, Marcelo, Valverde, Asensio, Ceballos
Pelatih: Santiago Solari

Barcelona (4-3-3-): Ter Stegen; Semedo, Gerard Pique, Lenglet, Jordi Alba; Sergio Busquets (Arthur 86), Ivan Rakitic, Sergi Roberto; Dembele (Couitnho 75), Luis Suarez (Vidal 78), Lionel Messi
Cadangan: Cillessen, Coutinho, Arthur, Malcom, Alena, Vidal, Umtiti
Pelatih: Ernesto Valverde



(mif)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif