Trump Belum Beri Kepastian Soal Nasib Perang Korea

Kamis, 28 Februari 2019 - 05:10 WIB
Trump Belum Beri Kepastian Soal Nasib Perang Korea
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menghadiri makan malam bersama. Foto/Istimewa
A A A
HANOI - Hari pertama pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mencakup pertemuan tertutup dan makan malam dengan para tamu. Pertemuan selanjutnya akan digelar Kamis (28/2/2019) hari ini.

Trump berangkat dari Sofitel Legend Metropole Hotel di Hanoi, Vietnam, sekitar 1 jam dan 40 menit setelah bertemu Kim Jong-un untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun.

Ditanya oleh seorang reporter apakah ia berencana untuk menyatakan mengakhiri Perang Korea, Trump berkata: "Kita akan lihat," seperti disitir dari New York Post, Rabu (27/2/2019).

Trump tampak bersemangat saat keduanya duduk untuk makan malam - diapit oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penjabat kepala staf Mick Mulvaney, serta Kim Yong-chol, Wakil Ketua Partai Pekerja Korut dan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho.

"Wah, seandainya kau bisa mendengar dialog itu," dia menyindir tentang pertemuan satu lawan satu, sambil dengan ringan menyentuh siku Kim. “Apa yang akan Anda bayar untuk dialog itu. Itu bagus," sambungnya.

Kedua pemimpin akan bertemu lagi pada Kamis pagi sebelum Trump terbang kembali ke AS.

Pernyataan untuk mengakhiri Perang Korea adalah permintaan yang diajukan oleh Korut sebelum melakukan denuklirisasi secara menyeluruh. Untuk diketahui, Perang Korea berahir pada 27 Juli 1953 diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata bukan perjanjian damai.
Dalam pertemuan puncak atau KTT Singapura, Kim dan Trump berjanji untuk bekerja menuju perdamaian antara kedua negara dan mewujudkan denuklirisasi semenanjung Korea.

Tetapi sedikit kemajuan yang telah dibuat sejak saat itu dan mereka akan bertemu lagi di Hanoi pada hari Rabu dan Kamis mendatang. Mereka diharapkan akan fokus pada langkah-langkah apa yang mungkin diambil Korea Utara menuju denuklirisasi, sebagai imbalan atas konsesi AS.

Wartawan Dihalangi Meliput Makan Malam Trump-Kim Jong-un
Sejumlah wartawan dihalangi untuk meliput acara makan malam Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam, Rabu (27/2/2019). Pemicunya adalah sejumlah wartawan melontarkan pertanyaan kepada Trump tentang mantan pengacaranya Michael Cohen beberapa saat sebelumnya.

Menurut koresponden Reuters untuk Gedung Putih Jeff Mason wartawan dari Reuters, Associated Press (AP), dan Bloomberg dilarang meliput kegiatan tersebut. Baik Mason maupun wartawan dari AP, Jon Lemire, mengajukan pertanyaan selama interaksi pertama antara Trump dan Kim.

Gedung Putih juga akan melarang semua jurnalis cetak masuk, menurut reporter Vivian Salama dari Wall Street Journal. Tetapi Salama mengatakan, para fotografer di korps pers Gedung Putih memprotes, dan dia pun diizinkan masuk. Wartawan Gedung Putih dari Los Angeles Times Eli Stokols mengatakan dalam sebuah tweet bahwa fotografer menolak untuk mengambil gambar makan malam jika jurnalis lain tidak diizinkan masuk, mendorong Salama dan seorang jurnalis yang mewakili radio diizinkan masuk.

Menurut Salama, alasan sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders memberikan pengecualian kepada wartawan adalah karena sensifitas pertanyaan dalam interaksi sebelumnya antara Trump dan Kim Jong-un. Dalam penjelasan resminya, Sanders mengutip sifat sensifitas dari pertemuan dan ruang lingkup.

"Karena sifat sensitif dari pertemuan, kami membatasi pool makan malam untuk kelompok yang lebih kecil, tetapi memastikan bahwa representasi fotografer, TV, radio, dan media cetak semuanya ada di ruangan itu," kata Sanders dalam sebuah pernyataan.

"Kami terus menegosiasikan aspek dari KTT bersejarah ini dan akan selalu bekerja untuk memastikan media AS memiliki akses sebanyak mungkin," imbuhnya seperti disitir dari CBS News.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0660 seconds (0.1#10.140)