alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertama di Indonesia, Saka Milenial Meluncur di Jawa Tengah

Ahmad Antoni
Pertama di Indonesia, Saka Milenial Meluncur di Jawa Tengah
Gubernur Ganjar Pranowo saat acara Jumpa Tokoh di Raimuna Wilayah 2019, Kwartir Daerah Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (27/2/2019). IST

DEMAK - Kwartir Daerah Jawa Tengah meluncurkan Saka Mileneal dalam Raimuna Wilayah 2019 di Kabupaten Demak, Rabu (27/2/2019). Ketua Majelis Pembina Daerah Jateng Ganjar Pranowo mengatakan Saka Mileneal ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Saka Milenial merupakan kependekan dari Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital. Peluncuran ditandai dibukanya website kepramukaan Jawa Tengah, www.scouts.id. "Kita dorong saka Milenial untuk pertama kalinya dibikin di Indonesia ada di Jawa Tengah," kata Ganjar.

Pembentukan Saka Milenial pertama kali digagas oleh Ganjar dalam Musyawarah Daerah ke XII di Solo yang berlangsung 12 – 13 Oktober 2018 silam. Setelah itu, Ganjar bertemu dengan tokoh-tokoh Pramuka Kabupaten Pemalang yang sepemikiran dengannya tentang peran Pramuka di era digital.



"Mereka sekarang juga membantu kades-kades di Pemalang. Salah satu tokohnya sempat hidup di Swiss dan menang lomba di PBB dan akhirnya pulang ke Indonesia," katanya.

Dengan diluncurkannya website tersebut Ganjar berharap Pramuka semakin gencar berselancar di dunia digital agar arus informasi positif semakin bertebaran. "Mulai hari ini ngeblog ke sini. Pramuka mileneal yuk nulis di sini mulai hari ini. Tunjukkan semua prestasimu di www.scouts.id," katanya.

Layanan tersebut dibangun atas kerjasama para Andalan Kwartir Daerah Jawa Tengah, GRMS Provinsi Jawa Tengah dan tentu saja dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Gerakan itu pun memiliki slogan yang menarik.

"Jutaan Website berkonten negatif sulit dihapus, satu dimatikan akan tumbuh kembali. Jadi harus diimbangi dengan jutaan website berkonten positif . dan Pramuka Indonesia bisa lakukan itu."

Untuk penyebaran konten positif tersebut, Ganjar pun langsung menyelenggarakan sayembara untuk seluruh anggota Pramuka Jawa Tengah, dengan membuat vlog kemudian diunggah di akun Instagram dan di-tag ke akun Instagram ganjar_pranowo.

"Bikin vlog yang menunjukkan penerapan nilai kepramukaan di lingkunganmu. Dengan menyertakan #raimunawilayahjateng.
Diundi Sabtu dan pemenangnya saya kasih laptop," pungkasnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif