alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Ini 8 Tips Sehat Buka Puasa Agar Gizi di Dalam Tubuh Tetap Seimbang

Sindonews
Ini 8 Tips Sehat Buka Puasa Agar Gizi di Dalam Tubuh Tetap Seimbang
Penting bagi Anda berbuka puasa dengan makanan yang seimbang. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tetap sehat. Foto/Istimewa.

JAKARTA - Berbuka puasa dengan makanan sehat dan bergizi sangat penting. Karena makan yang disantap akan mengisi ulang cadangan energi dan membantu mempertahankan puasa Anda pada hari berikutnya. Jadi, penting bagi Anda berbuka puasa dengan makanan seimbang. Selai itu, tentu saja agar Anda tetap sehat.

Lalu, makanan apa saja yang harus dikonsumsi? Ya, Anda harus berusaha ekstra untuk menyantap makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dilansir laman Al Arabiya, berikut tips puasa yang sehat yang membuat gizi dalam tubuh Anda tetap seimbang.

1. Awali dengan minum
Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar, atau susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik Anda. Minumlah 1 - 2 gelas air sebelum makan. Berhati-hatilah dengan minuman khas selama Ramadhan yang mungkin mengandung banyak gula dan kalori

2. Pilih kurma
Secara tradisional, kurma dimakan pada awal sahur, karena kurma memiliki gula alami yang bergizi dan mampu memberi energi pada tubuh. Jika Anda menderita sakit kepala selama jam-jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, oleh karena itu, mulailah berbuka puasa dengan 2 kurma dan isi kembali kadar gula Anda.

3. Nikmati semangkuk sup
Sup adalah hidangan yang sangat diperlukan selama puasa karena kaya akan air. Anda bisa menikmati sup lentil, tomat, atau sayur, tapi hindari sup berbasis krim. Jika Anda tidak bisa menikmati sup hangat selama bulan-bulan musim panas, sup dingin dan Gazpachos bisa jadi pilihan yang bagus.

4. Sayuran
Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang menyediakan begitu banyak nutrisi dalam kalori yang sangat sedikit. Semakin banyak jenis sayur atau buah pada makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Ini juga memberikan rasa kenyang dan memastikan Anda makan lebih sedikit dari biasanya.

5. Pilih karbohidrat yang baik
Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat, termasuk nasi merah, pasta gandum, roti, atau kentang. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil selain serat dan mineral.

6. Tambahkan protein tanpa lemak
Selama berbuka puasa, Anda harus berusaha mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Adapun makanan dengan protein berkualitas tinggi yang lengkap, seperti daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh.

Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan produk susu rendah lemak sebagai bagian dari makanan berbuka puasa. Jika Anda vegetarian, Anda dapat memilih sumber protein lain seperti kacang-kacangan.

7. Jangan makan berlebih
Jangan terburu-buru menghabiskan makanan Anda. Setelah dilarang makan sepanjang hari, tak seidikit yang menyantap makanan secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Anda bisa buka puasa dengan makanan yang mencakup porsi makanan yang masuk akal. Mengontrol ukuran porsi adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam dan gula
Jika memungkinkan, jauhkan menu buka puasa Anda dari makanan yang memiliki terlalu banyak lemak, garam, atau gula tambahan. Saat memasak, buat resep Ramadhan favorit Anda dengan makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang direbus, dipanggang, atau dikukus.

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan Anda. Selain itu, ganti gula dan minuman manis dengan salad buah. (Deslita Krissanta Sibuea)



(nun)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak