Pemkab Sleman Terbaik Penyelenggaran Arsip Nasional

Rabu, 27 Februari 2019 - 18:00 WIB
Pemkab Sleman Terbaik Penyelenggaran Arsip Nasional
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana ANRI, Rini Widyantini menyerahkan penghargaan penyelenggaran arsip kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo di Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/2/2019). FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman mendapatkan penghargaan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai penyelenggara arsip terbaik nasional. Penghargaan diserahkan di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (27/2/2019).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri menjelaskan, Sleman mendapatkan penghargaan tersebut setelah dalam penilaian terhadap dalam pengelolaan kearsipan mendapatkan nilai 3.778 atau baik. Capaian ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu predikat cukup dengan nilai 3.080.

Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) Sleman juga meraih nilai baik, yakni 90.19 dan masuk 10 besar. "Penilaian meliputi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan bidang kearsipan dalam penetapan kebijakan," kata Ayu Laksmi.

Dijelaskan, pengelolaan arsip harus dilakukan terus-menerus dan konsisten hingga memenuhi standar dari ANRI.

"Jadi pengelolaan arsip itu tidak bisa disiapkan saat mau ada penilaian saja. Harus dilakukan secara terus menerus dan kontinyu," kata mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman itu.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan arsip memang harus dikelola dengan baik karena dapat menjadi acuan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Untuk itu Dinas Perpustaaan dan Kearsipan Sleman harus terus meningkatkan kinerjanya. Selain pengelolaan arsip di Sleman lebih optimal juga akan mendapatkan nilai A.

"Namun atas capaian ini tetap harus mendapatkan apresiasi karena telah bekerja dengan baik dan profesional sehingga mendapatkan penilaian yang memuaskan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2984 seconds (0.1#10.140)