Penyanyi Sruti Respati Gelar Konser Tunggal Tribute to Ki Nartosabdo

Rabu, 26 Desember 2018 - 18:00 WIB
Penyanyi Sruti Respati Gelar Konser Tunggal Tribute to Ki Nartosabdo
Penyanyi asal Kota Solo, Sruti Respati saat memberikan keterangan pers terkait konser tunggal Tribute to Ki Nartosabdo di Ballroom Hotel Sunan, Solo, Kamis (27/12/2018) malam. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Penyanyi asal Kota Solo, Sruti Respati akan menggelar konser tunggal Tribute to Ki Nartosabdo di Ballroom Hotel Sunan, Solo, Kamis (27/12/2018) malam. Konser untuk kembali mengenang kiprah dan karya karya mendiang dalang kondang sekaligus maestro karawitan tersebut.

Konser tunggal didukung musisi musisi handal. Seperti Bintang Indrianto, Daniel Christianto, Suprapto Suryodharmo, Mamank Tera, Danang Pamungkas Dance, dan designer Robin Karebet. Naskah dan sutradara pementasan ditangani oleh Agus Noor sebagai show director, yang selama ini menjadi langganan untuk konser Djaduk Ferianto dan Butet Kertarajasa.

"Konser dikonsep dengan menampilkan lintas genre. Ada musik, tari, penembrama, karawitan hingga fashion show," kata Sruti Respati saat jumpa pers di Studio Lokananta, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/12/2018).

Sruti akan mendendangkan tembang-tembang karya Ki Nartosabdo yang fenomenal di zamannya dan tetap lestari hingga sekarang. Tembang tembang Ki Nartosabdo mulai dipelajari Sruti di masa perkenalannya dengan dunia seni sejak kecil. Seperti tembang Swara Suling, Ibu Pertiwi, dan Dara Muluk.

Seiring perjalanan berkeseniannya, membawa Sruti pada pemahaman bahwa Ki Nartosabdo adalah satu legenda seni karawitan Jawa yang mampu meletakkan seni karawitan dalam peta peradaban dunia. "Sekaligus membawa perubahan dalam iklim seni karawitan itu sendiri, sehingga menginspirasi banyak seniman lintas zaman dalam berkarya seni," katanya.

Konser ini, kata Sruti, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Ki Nartosabdo, seorang seniman sekaligus guru batinnya. Karya-karya Ki Nartosabdo yang lahir di Klaten, 25 Agustus 1925 secara nyata telah mampu menghidupi seni itu sendiri dari masa ke masa. "Konser ini juga sebagai bakti saya untuk Kota Solo tercinta," katanya.

Konser yang akan berlangsung mulai pukul 19.00-22.00 WIB tersebut digratiskan. Mereka yang ingin menikmati harus melalui registrasi atau mendaftar secara online.

Naskah dan sutradara pementasan, Agus Noor mengatakan, karya-karya Ki Nartosabdo sangat mempesona dan bisa bikin merinding. "Kami ingin menghadirkan kembali karya karya Ki Nartosabdo akan dapat dikenang oleh generasi muda," kata Agus Noor. Di antaranya melalui konser tunggal Sruti Respati bertajuk Puspa Ayodya, Sebuah Persembahan Untuk Solo, a Tribute To Ki Nartosabdo.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9048 seconds (0.1#10.140)