alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Salatiga Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Lima Hari

Angga Rosa
KPU Salatiga Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Lima Hari
Sejumlah pekerja sedang melipat surat suara Pilpres dan DPD di gudang induk KPU Kota Salatiga di Jalan Argosari, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Sidomukti, Rabu (27/2/2019).FOTO/SINDOnews/Angga Rosa

SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2019. Hanya yang disortir dan dilipat baru surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan DPD karena KPU belum menerima surat suara DPR, DPRD Provinsi Jateng dan DPRD Kota Salatiga.

Adapun jumlah surat suara Pilpres 2019 yang disortir dan dilipat sebanyak 137.852 lembar dan DPD sebanyak 137.852 lembar. Pekerjaan ini yang dilaksanakan di gudang induk KPU Kota Salatiga di Jalan Argosari, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Sidomukti ini, ditarget selesai dalam waktu lima hari, terhitung mulai Rabu (27/2/2019).

"Sortir dan pelipatan suara Pilpres dan DPD ini, dikerjakan oleh 30 orang. Kami targetkan pekerjaan ini selesai dalam waktu empat sampai lima hari," kata Komisioner KPU Kota Salatiga Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Jalal Pambudi, Rabu (27/2/2019).



Menurut dia, sebenarnya pelipatan semua surat suara Pemilu 2019 bisa dimulai pada Rabu (27/2/2019). "Berhubung surat suara yang diterima KPU belum lengkap, maka sortir dan pelipatan baru surat suara Pilpres dan DPD. Jika hingga pelipatan selesai dan surat suara lainnya belum datang, maka pelipatan kami jeda dulu," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Salatiga menyatakan, hingga saat ini ketersedian logistik Pemilu 2019 sudah mencapai 85%. Saat ini semua logistik disimpan di gudang induk KPU Kota Salatiga di Jalan Argosari, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Sidomukti.

"Sampai sekarang semua logistik masih disimpan di gudang induk. Nantinya, sebagian logistik akan kami simpan di gudang penyangga ditiap kecamatan," katanya.

Dia menjelaskan, logistik Pemilu akan didistribusikan ke gudang penyangga jika sudah lengkap. Selanjutnya logistik yang disimpan di gudang penyangga akan didistribusikan ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) mulai 13 April. "Kami pastikan distribusi logistik selesai pada 16 April atau H - 1 pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019," tandasnya.



(nun)

loading...