Banyak Diprotes, Ganjar Siap Tolak 24 Kapal Pesiar

Minggu, 15 Maret 2020 - 07:23 WIB
Banyak Diprotes, Ganjar Siap Tolak 24 Kapal Pesiar
Kapal MV Columbus yang membawa 1.044 turis saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (13/3/2020). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan banyak mendapat protes dari warga karena mengizinkan kapal pesiar MV Columbus berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Padahal kapal tersebut memiliki riwayat singgah ke negara yang terpapar virus corona.

“Banyak yang bertanya sekaligus saya menjelaskan saja. Saya dimarahi banyak masyarakat soal berlabuhnya kapal MV Columbus,” terang Ganjar usai menggelar rapat terbatas bersama Forkominda dan seluruh OPD Pemprov Jateng, Sabtu (14/3/2020) malam.(Baca Juga: Rombongan Turis Australia Bebas Plesir di Jateng !
Dia berkilah telah melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang ketat terhadap 1.044 turis asing penumpang kapal. Selain itu, pemeriksaan yang melibatkan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) itu juga memeriksa seluruh awak kapal.

“Itu sudah kita lakukan dengan prosedur yang sangat ketat, sesuai dengan SOP. Mulai dari kerja KKP, dari Bea Cukai, kita bicara, dari pelabuhan sendiri, otoritas saya minta juga sampaikan. Sampai semuanya bersih, karena semuanya bersih maka kemarin kita sampaikan (izinkan berlabuh),” jelasnya.

Menurutnya, masih banyak kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara bakal bertandang ke Jawa Tengah. Melihat kondisi penyebaran virus corona sekaligus menanggapi reaksi warga, maka kapal-kapal tersebut bakal ditolak bersandar.

“Ini banyak sekali pertanyaan yang muncul. Kejadian itu juga sebelum dinyatakan kondisi yang cukup gawat seperti ini. Maka tadi juga ada pertanyaan di forum, yang mengatakan bagaimana kapal-kapal yang berikutnya karena masih ada 24 (kapal pesiar),” terangnya.

“Maka saya bilang, pasti tidak akan izinkan mereka ke sini (Jawa Tengah). Biar mereka bisa reroad untuk kembali ke tujuan asal,” pungkasnya. (Baca Juga: KIP Jateng Sesalkan Kapal Pesiar MV Columbus Bersandar di Semarang(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9919 seconds (0.1#10.140)