TMMD di Sukoharjo, TNI dan Warga Kompak Bangun Infrastruktur

Rabu, 27 Februari 2019 - 09:36 WIB
TMMD di Sukoharjo, TNI dan Warga Kompak Bangun Infrastruktur
Kegiatan TMMD Reguler ke 104 Kodim 0726/Sukoharjo di Desa Celep, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (26/2/2019). FOTO/Istimewa
A A A
SUKOHARJO - Kebersamaan TNI dengan rakyat sangat terasa dalam Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 104 Kodim 0726/Sukoharjo di Desa Celep, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (26/2/2019). TNI dan masyarakat setempat kompak membangun berbagai sarana fisik di wilayah setempat.

Plh Pasiter Kodim 0726/Sukoharjo, sekaligus Perwira Pelaksana TMMD Reguler ke 104, Kapten Czi Hartono mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 30 hari diantaranya dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. “Selain itu juga untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI,” kata Kapten Czi Hartono, Selasa (26/2/2019).

Sasaran fisik pokok dalam TMMD antara lain pembangunan talud jalan, rabat beton, makadam jalan di berbagai titik lokasi. Selain itu juga terdapat sasaran fisik tambahan, yakni rehab masjid, pembangunan pagar masjid, pembangunan pos kamling, pembangunan MCK, pengaspalan jalan, dan pembuatan jamban keluarga.

Selain sasaran fisik, dalam kegiatan TMMD reguler ke 104 juga menyasar sasaran non fisik, antara lain penyuluhan dan pelayanan di bidang bela negara, penyuluhan kamtibmas, sosialisasi pembangunan kabupaten Sukoharjo, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian dan perikanan, dan penyuluhan rohani.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengemukakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD, menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, serta menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat. “Melalui TMMD, mari gelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada,” kata Wardoyo Wijaya.

TMMD diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas perekonomian, meningkatkan kesejahteran masyarakat, meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta kamtibmas. Selain itu juga meningkatkan kebersihan lingkungan, meningkatkan dan melestarikan budaya gotong-royong serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu, dukungan terhadap kegiatan TMMD juga ditunjukkan kalangan ibu-ibu di Desa Celep. Mereka kompak menyiapkan hidangan makan selama kegiatan berlangsung. Bahkan mereka juga tak segan membantu kegiatan di lokasi pengerjaan fisik yang cukup menguras tenaga.

Seperti pengurukan jalan, pemadatan, dan penataan batu yang sudah berlangsung sejak Pra TMMD. “Luar biasa semangat ibu-ibu warga Celep, saya sangat berterima kasih,” tandas Danramil 02 Nguter Kapten Arh Bahrun ST.

Kepala Desa Celep Surono mengatakan, sejak awal pihaknya gigih menyosialisasikan pembangunan yang dilakukan TNI di desanya, agar didukung oleh swadya dari warga. Pembangunan talud jalan yang sedang dikerjakan dalam TMMD reguler ke-104, sebenarnya sudah lama diinginkan oleh warga. Jalan itu selama ini berlumpur saat hujan.

“Sehingga susah sekali jika dilewati oleh kendaraan, licin dan berbahaya,” terang Surono. Setelah di buat talud jalan dan dilanjutkan pembuatan macadam, diharapkan bisa memperlancar mobilitas warga.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4054 seconds (0.1#10.140)