Wihaji Minta Satpol PP Gencar Razia Anak Punk di Batang

Kamis, 12 Maret 2020 - 18:03 WIB
Wihaji Minta Satpol PP Gencar Razia Anak Punk di Batang
Beberapa anak punk yang terjaring operasi yustisi beberapa waktu lalu oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Batang. Foto Dok Humas Pemkab Batang
A A A
BATANG - Bertambahnya jumlah anak punk di wilayah Kabupaten Batang yang berasal berbagai darerah, menjadi keresahan dikalangan pendidik dan masyarakat.
Atas usulan dan kritik masyarakat tersebut, Bupati Batang Wihaji meminta Satuan Polisi Pamong Praja tingkatkan razia.

"Menindaklanjuti kritik guru tentang merebaknya anak punk di Batang, saya perintahkan Satpol PP untuk berkoordinasi dengan Polres hilangkan dengan razia," Kata Wihaji saat rakor ujian nasional di Aula, Rabu (11/3/2020).

Namun demikian, bupati meminta kepada petugas untuk lebih manusiawi dalam menjalankan tigas razia.
"Anak punk juga manusia, warga Indonesia juga, maka harus kita bina, tapi kalau tiga kali ketangkap razia, kita akan melakukan tindakan tegas," pintanya.

Wihaji juga menyampaikan, tidak menaruh pikiran negatif terhadap anak punk, karena belum mengetahui sebabnya mereka menjadi seperti itu.
"Maka kita akan didik dan meluruskan pikiran anak punk agar kembali menjadi anak normal, karena selama ini menggangu ketertiban jalan raya," ujarnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Batang Sri Purwaningsih mengatakan, operasi yustisi anak punk sudah dilakukan lima kali pada tahun ini, yang menjaring sebanyak 47 anak.

"Dari 47 anak punk terjaring operasi yustisi 17 anak asal Batang, lainya dari berbagai daerah seperti Solo, Semarang dan daerah lain," kata Sri Purwaningsih saat dihubungi, Kamis (12/3/2020).

Disampaikan , anak - anak yang terjaring razia sebagian dibawa ke Dinas Sosial provinsi melalui dinas sosial Kabupaten Batang, dan ada yang membuat surat pernyataan untuk tidak kembali menjadi anak punk.
"Anak punk mendapatkan rehabilitasi yang dibekali ketrampilan, dari beberapa anak malah tidak mau pulang," jelasnya

Sri Puwaningsih juga siap meningkatkan operasi yustisi gabungan dengan Polres Batang. "Untuk membersihakan anak punk yang ada di Batang, kami siap bekordinasi dengan Polres Batang," ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2362 seconds (0.1#10.140)