Pulang dari Depok, Seorang Balita Diisolasi di RSUP Sardjito

Kamis, 12 Maret 2020 - 09:35 WIB
Pulang dari Depok, Seorang Balita Diisolasi di RSUP Sardjito
Seorang balita dirawat di ruang isolasi anak RSUP dr Sardjito karena mengalami batu, pilek, dan sesak napas setelah pulang dari Depok, Jawa Barat. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - RSUP dr Sardjito Yogyakarta merawat pasien anak pengawasan Covid-19. Anak berjenis kelamin laki-laki berumur 3 tahun itu rujukan dari PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (9/3/2020) lalu.

Dari informasi yang dihimpun, balita itu dirujuk karena mengalami batu, pilek, dan sesak napas setelah pulang dari Depok, Jawa Barat. Ia berada di Depok sejak 27 Februari hingga 3 Maret 2020. Meski tidak ada kontak dengan yang positif Covid-19, tapi karena ada gejala batuk pilek maka statusnya kini dalam pengawas rumah sakit. Balita tersebut dirawat di ruang isolasi anak RSUP dr Sardjito.

"Pasien anak dalam pengawasan Covid-19. Saat ini masih dalam perawatan, tapi kondisinya sudah stabil dan tidak panas," kata Kabag Hukum dan Humas RSUP dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, Kamis (12/3/2020).(Baca Juga: WNA Jepang Pasien RSUP Dr Sardjito Dipastikan Negatif Corona)

Banu menjelaskan, untuk memastikan apakah yang bersangkutan terjangkit Covid-19 atau tidak, rumah sakit Sardjito sudah mengirimkan swab dahak dan sampel darah ke Litbangkes, Kementerian Kesehatan. Saat ini RSUP dr Sardjito masih menunggu hasilnya.

Untuk penanganan pasien ini, kata Banu, layaknya seperti pneumonia biasanya. Yakni diberikan antibiotik dan dimonitoring secara berkala.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2015 seconds (0.1#10.140)