Jogja Air Show 2020 Digelar 20-22 Maret, Diikuti Ratusan Atlet

Kamis, 12 Maret 2020 - 10:45 WIB
Jogja Air Show 2020 Digelar 20-22 Maret, Diikuti Ratusan Atlet
Panitia pelaksana Jogja Air Show (JAS) 2020 memberikan penjelasan atas gelaran tahunan yang akan kembali digelar pada 20-22 Maret 2020 mendatang. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Jogja Air Show (JAS) yang mempertontonkan pertunjukan dan olahraga udara bakal kembali gelar. Agenda resmi yang juga masuk agenda wisata ini rencananya diselenggarakan pada 20 hingga 22 Maret mendatang.

Ketua Panitia JAS 2020, Kolonel Pnb Feri Yunaldi mengatakan, pada ajang ke-15 kali ini pihaknya bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Dinas Pariwisata DIY, Pemkab Bantul dan Gunungkidul.

"Untuk tahun ini akan kita buka di Lanud Adisutjipto dan ini pertama kalinya kita buka di Pangkalan udara, sebelumnya di Parangtritis," katanya dalam konferensi pers di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (11/3/2020) sore.

Dijelaskan, ratusan atlet akan terlibat dalam pertunjukan ini. "Tema kita adalah Cintailah Tanah, air dan Udara Indonesia," katanya.

Lokasi yang bakal digunakan untuk even bergengsi ini adalah Pantai Watugupit di Purwosari, Gunungkidul, Pantai Parangtritis, Pantai Depok serta Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Even akbar ini memadukan unsur olahraga dirgantara, olahraga umum, sosial, seni dan budaya.

"Untuk olahraga dirgantara yang akan digelar yaitu Kejuaraan Nasional Kasau Cup untuk cabang paralayang dan gantole, Kejuaraan dan Eksibisi Paramotor, serta Eksibisi Layang-Iayang," kata Kadisops Lanud Adisutjipto ini.

Feri menambahkan, pagelaran Jogja Air Show 2020 semakin istimewa dan meriah karena pada 21 Maret 2020 akan dilaksanakan acara puncak dengan kegiatan Adisutjipto Open Base merayakan Bulan Dirgantara di Taxy Way Lanud Adisutjipto mulai pukul 06.00 sampai dengan 12.00 WIB.

"Di acara tersebut akan melibatkan masyarakat luas untuk kegiatan fun walk dengan full doorprize di area Lanud Adisutjipto, Aerobatic Pitts, Terjun payung militer dari Paskhas. Dragon banner, paramotor, terbang layang, banner flight, joy flight, static show pesawat latih dan FASI, simulator pesawat, drumband AAU Gita Dirgantara, serta berbagai lomba yang bisa diikuti di antaranya lomba microdrone, lomba lukis, lomba aeromodeiing, lomba water rocket, panggung hiburan dan bazar," katanya

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY Wardoyo mengungkapkan, pihaknya memang sudah menetapkan ajang ini sebagai even resmi dinasnya. Dia menargetkan 20.000 wisatawan bakal hadir untuk menyaksikan gelaran yang sangat menarik kali ini. "Kita memang menargetkan 20.000 kunjungan wisata dalam gelaran selama 3 hari," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9775 seconds (0.1#10.140)