Ratusan Rumah Warga Gondokusuman Terendam Banjir

Rabu, 11 Maret 2020 - 23:25 WIB
Ratusan Rumah Warga Gondokusuman Terendam Banjir
Rumah warga Klitren, Gondokusuman Yogyakarta terendam air setinggi 1 meter, setelah tanggul Sungai Belik di tempat tersebut jebol akibat diguyur hujan deras, Rabu (11/3/2020). Foto Dok Polsek Gondokusuman
A A A
YOGYAKARTA - Hujan deras yang menguyur wilayah kota Yogtakarta, Rabu (11/3/2020) siang pukul 14.30 WIB menyebabkan tanggul Sungai Belik sepanjang 8 meter di Klitren Lor, Gondokusuman, Yogyakarta jebol. Sehingga air masuk kemukiman dan ratusan rumah warga yang ada di daerah tersebut terendam air setinggi 1 meter.

Warga bersama aparat Polsek dan Koramil Gondokusuman, BPBD Yogyakarta serta para relawan bergotong royong untuk melakukan assement dan mengondisikan situasi.

Kapolsek Gondokusuman Kompol Bonifasius Slamet mengatakan kejadian ini berawal saat wilayah Yogyakarta diguyur hujan deras pada pukul 14.00
WIB. Sehingga debit air sungai Belik naik. Karena arus air sungai yang kuat menghantam tembok di aras tanggul. Akibatnya ambrol sepanjang 8 meter.

“Hal ini menyebabkan rumah warga terendam genanggan air hingga satu meter,” kata Bonifasius Slamet, Rabu (11/3/2020) malam.

Bonifasius menjelskan warga bersama petugas dan relawan dengan mengunakan peralatan seadanya dan mesin disel penyedot air langsung melakukan gotong royong memberishkan puing-puing dan kotoran. Pada pukul 17.00 WIB air surut dan pukul 18.00 WIB air yang tergenang di rumah-rumah warga sudah tersedot dan dibuang.

“Dari laporan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut hanya kerugian material berupa peralatan tidur, peralatan sekolah dan kuliah, peralatan rumah tangga, sepeda motor dan mobil terendam air ,” paparnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8226 seconds (0.1#10.140)