2,5 Jam di Keraton Yogya, Ini yang Didiskusikan Raja Willem dan Sultan

Rabu, 11 Maret 2020 - 17:04 WIB
2,5 Jam di Keraton Yogya, Ini yang Didiskusikan Raja Willem dan Sultan
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melepas Raja Belanda Willem Alexander di Regol Donopratopo setelah berkunjung selama 2,5 jam di keraton tersebut, Rabu (11/3/2020). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti benar-benar menikmati kunjungannya ke Keraton Yogyakarta. Selama berjam-jam, Raja Willem dan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X ini melakukan diskusi kecil sambil menikmati tarian dan santap makan siang.

Kepada wartawan, Sri Sultan HB X mengatakan, tidak ada yang penting didiskusikan dalam pertemuan kali ini. Obrolan hanya seputar kenangan dulu ketika masih menjadi pangeran mengikuti kunjungan Ratu Beattrix ke Keraton Yogyakarta.

"Pembicaraan ya hanya kenangan, beliau dulu pernah ikut ibunya Ratu Beattrix. Namun sekarang kan sudah berbeda beliau sudah raja," kata Sultan nya usai mengantar kepulangan Raja Willem Alexander di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020). (Baca Juga: Tiba di Keraton Yogyakarta, Raja Belanda Disambut Putra-Putri Sultan)

Ketika disinggung mengenai kerja sama di bidang ekonomi, Sultan mengaku menyerahkan kepada putri sulungnya, GKR mamgkubumi. "Dia tadi yang berbicara mengenai hal tersebut," ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai pengembalian keris Kiai Naga Siluman, Sultan mengatakan hal tersebut sangat baik. Hanya dia berharap yang lainnya juga bisa dikembalikan. "Masih ada naskah naskah lama yang semestinya juga bisa kembali ke Indonesia," katanya.

Sri Sultan HB X cukup istimewa dalam menyambut tamunya kali ini. Jika biasanya menerima tamu-tamu lain mengenakan jas atau batik, tapi kali ini Raja Keraton Yogyakarta ini mengenakan baju takwa dengan Suluk Kanigoro. Sebuah pakaian yang hanya dikenakan pada momen tertentu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3917 seconds (0.1#10.140)