Tiba di Keraton Yogyakarta, Raja Belanda Disambut Putra-Putri Sultan

Rabu, 11 Maret 2020 - 12:05 WIB
Tiba di Keraton Yogyakarta, Raja Belanda Disambut Putra-Putri Sultan
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X bersama Raja Belanda Willem Alexander dan istri keluar dari Gedong Jene Kompleks Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020) siang. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti menjadi tamu kehormatan Keraton Yogyakarta. Kehadiran Raja Willem disambut langsung putra-putri Sri Sultan Hamengku Buwono X di regol keben.

Beberapa di antara putri dan menantu Sultan HB X adalah GKR Mangkubumi bersama KPH Wironegoro, GKR Candrakirana, GKR Maduretno serta KPH Purbodiningrat, GKR Bendara bersama KPH Yudhonegoro, serta KPH Notonegoro.

Dengan mengenakan kebaya warna hijau GKR Mangkubumi selaku penerima tamu langsung mengantarkan Raja Willem dan Ratu Maxima menuju Regol Donopratopo untuk bertemu langsung dengan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X beserta GKR Hemas. (Baca Juga: Sambut Raja dan Ratu Belanda, Sri Sultan Kenakan Pakaian Jawa)

Dalam penerimaan tamu ini Sri Sultan mengenakan pakaian kebesaran dengan baju takwa serta kuluk kanigoro, pakaian yang digunakan untuk acara-acara tertentu saja.

Setelah bertemu di regol Donopratopo, Sri Sultan dan tamunya kemudian langsung menuju Gedong Jene. Di tempat ini kedua belah pihak kerajaan melakukan pertemuan tertutup selama kurang lebih 15 menit.

Setelah melakukan dialog di Gedong Jene, Raja Keraton Yogyakarta bersama Raja Belanda kemudian masuk ke Bangsal Kencana. (Baca Juga: Kunjungi Yogya, Ini Tempat yang Akan Disinggahi Raja dan Ratu Belanda)

Kapustakaan Keraton Yogyakarta, Tejowinoto mengatakan, di Bangsal Kencana, rombongan disuguhi tarian beksan Lawung Ageng. "Ini adalah tarian yang diciptakan Sri Sultan Hamengku Buwono I," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0208 seconds (0.1#10.140)