RSUP dr Kariadi Tangani 23 Pasien Pengawasan Corona

Selasa, 10 Maret 2020 - 23:39 WIB
RSUP dr Kariadi Tangani 23 Pasien Pengawasan Corona
Simulasi evakuai pasien virus corona di RSUP Dr Kariadi Semarang. Rumah sakit ini kembali merawat satu pasien yang memiliki gejala mirip terinfeksi virus corona. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - RSUP dr Kariadi Semarang Jawa Tengah telah menangani 23 pasien dalam pengawasan yang diduga terpapar virus corona. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan dan perawatan, semua pasien dinyatakan negatif termasuk satu pasien yang meninggal dunia.

“Untuk pasien pengawasan corona, sejak awal total ada 23 orang. Jumah ini termasuk dua pasien yang terakhir yang pulang kemarin,” kata Kasubag Humas RSUP dr Kariadi Rochyatun, Selasa (10/3/2020).

Sekadar diketahui, tak hanya penamaan virus yang berubah dari semula Novel Coronavirus 2019 menjadi Covid-19, tetapi juga ada istilah pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

PDP berarti terdapat gejala klinis di antaranya demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Selain itu, pasien tersebut juga ada riwayat kunjungan ke luar negeri yakni China dan sejumlah negara yang dinyatakan positif corona.

Sementara orang dalam pemantauan mengandung maksud, orang yang baru datang dari luar negeri yakni China dan beberapa negara positif corona. Meski tidak menderita gejala-gejala klinis, orang itu akan dipantau selama masa inkubasi virus korona yaitu 14 hari.

Bedanya dengan pasien dalam pengawasan yang dirawat di rumah sakit, orang dalam pemantauan hanya dikarantina dalam rumah. Meski demikian, dia dilarang untuk berinteraksi dengan dunia luar rumah hingga masa inkubasi selesai.

“Pasien terakhir tanggal 9 Maret terdapat dua orang yang pulang. Untuk hasil, alhamdulillah tidak ada yang positif, dinyatakan negatif corona. Mereka memiliki riwayat dari luar negeri, satu pasien pulang umrah dan satunya lagi riwayat bepergian ke Malaysia,” terang dia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2405 seconds (0.1#10.140)