WNA Jepang Pasien RSUP Dr Sardjito Dipastikan Negatif Corona

Senin, 09 Maret 2020 - 21:11 WIB
WNA Jepang Pasien RSUP Dr Sardjito Dipastikan Negatif Corona
WNA asal Jepang yang menjadi pasien pengawasan Covid-19 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan negatif Corona. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang yang menjadi pasien pengawasan Covid-19 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan negatif Corona.

Kepastian ini setelah Balitbangkes Jakarta, mengirimkan hasil pemeriksaan swab Covid, serum, rontgen dan laborotorium. Hasil itu diberitahukan ke Sardjito, Sabtu (7/3/2020) pukul 22.30 WIB.

Warga Jepang itu seorang mahasiswa berusia 21 dan sedang melakukan lawatan di Yogyakarta. Dia dirawat di RSUP Sardjito karena saat pemeriksaan suhunya panas dan batuk serta berasal dari negara yang masuk daftar positif Covid-19.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan, mahasiswa itu dirawat selama lima hari, yaitu dari Selasa-Sabtu (3-7/3/2020). Selama perawatan tim medis telah melakukan swab covid, serum, rontgen dan pemeriksaan laboratorium secara rutin.

Selama perawatan kondisinya sudah tidak panas dan stabil. Sehingga setelah menerima hasilnya negatif Corona, pasien itu meninggalkan Sardjito, Minggu (8/3/2020) pukul 12.30 WIB dan Senin (9/3/2020) pulang ke negaranya.

"Pasien itu saat dirawat sempat cemas khawatir hasilnya positif. Setelah mengetahui negatif mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada Sardjito yang telah merawatnya," kata Banu, Senin (9/3/2020).

Banu menghimbau kepada masyarakat menyikapi Covid-19 dengan tenang dan tidak panik serta membiasanya pola hidup bersih dan sehat, sebab dengan langkah ini akan membuat daya tahan tubuh yang baik. Termasuk selalu cuci tangan dengan baik dan benar karena akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Koordinasi lintas fungsi juga terus kami upayakan, baik dengan Kemenkes dan dinas terkait maupun rumah sakit jejaring yang ada," terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3386 seconds (0.1#10.140)