Hujan Deras, Jembatan Penghubung Antardusun di Bantul Putus

Senin, 09 Maret 2020 - 15:45 WIB
Hujan Deras, Jembatan Penghubung Antardusun di Bantul Putus
Hujan deras yang menguyur wilayah Bantul membuat Jembatan Songgolono, Srigading, Sanden, Bantul, putus. FOTO/IST
A A A
BANTUL - Hujan deras yang menguyur wilayah Bantul sejak Minggu (8/3/2020) siang membuat Jembatan Jembatan Songgolono di Dusun Ngepet, Srigading, Sanden, Bantul ambruk, Senin (09/3/2020) pagi. Jembatan ini merupakan akses penghubung antara Dusun Ngepet Lor dengan Dusun Ngepet kidul.

Jembatan memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter itu longsor di bagian talud sisi utara. Hujan deras yang menguyur sejak sore hingga pagi membuat volume air sungai meningkat sehingga memperparah kondisi talud.

Talud yang ambrol membuat fondasi jembatan tak bisa bertahan. Senin pagi jembatan benar-benar putusa dan tak bisa dilewati kendaraan apapun termasuk pejalan kaki.

Saat ini warga sekitar memasang bambu di kedua sisi jembatan sebagai tanda agar masyarakat tidak melalui jembatan tersebut. "Sekitar pukul 06.00 WIB pagi. Tiba ambruk begitu saja," kata Subandi (60), warga setempat.

Menurut Subandi, Jembatan Songgolono usianya sudah cukup tua. Dibangun sekitar 1989. Selama ini jembatan itu belum pernah direhab besar hanya perbaikan ringan.

Kepala Desa Srigading, Wahyu Widada menyebut jembatan yang melintang di atas Sungai Winongi kecil ini merupakan akses penting bagi warga. Tanpa jembatan ini warga harus memutar sekitar 1 kilometer. "Ini akses vital bagi warga. Pemerintah desa akan segera mengusulkan untuk diperbaiki secepatnya dengan dana darurat bencana," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9762 seconds (0.1#10.140)