Ganjar Pranowo Ingin Laboratorium Deteksi Corona Ada di Jateng

Sabtu, 07 Maret 2020 - 15:00 WIB
Ganjar Pranowo Ingin Laboratorium Deteksi Corona Ada di Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ingin mendirikan laboratorium yang bisa mendeteksi virus corona atau Covid-19 juga berada di daerahnya. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan keinginannya untuk mendirikan laboratorium yang bisa mendeteksi virus corona atau Covid-19 juga berada di Jawa Tengah. Sebab, bila harus mengirim sampel ke Jakarta dan menunggu hasilnya akan membutuhkan waktu terlalu lama.

Selama ini, untuk meneliti sampel pasien yang diduga terpapar virus corona hanya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Lembaga ini unsur pendukung Kementerian Kesehatan yang berlokasi di Jakarta.

"Saya rada-rada gemes piye (agak gemas gimana), karena semua itu menjadi lama prosesnya dikirim ke Jakarta," kata Ganjar, Jumat (6/3/2020).(Baca Juga: Satu Pasien Suspek Corona Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kudus)

"Maka tadi saya minta, nek gawe dewe piro to? (kalau bikin sendiri berapa?) Sampai Rp50 miliar? Katanya tidak sampai Rp50 miliar. Tak gawe tahun ngarep (makanya kita bikin tahun depan)," tutur Ganjar.

Dia pun memastikan, biaya yang dinilai tak terlalu besar, tenaga ahli untuk laboratorium juga cukup banyak. Hal itu semakin menguatkan keinginannya untuk segera mendirikan laboratorium tersebut.

"Kita di Jawa Tengah itu biar mampu, sehingga kalau ada apa-apa cek laboratoriumnya bisa kita tangani. Kalau SDM-nya kita banyak. (Jadi) kur tuku alat (hanya cukup beli alatnya) Insya Allah kecil," katanya meyakinkan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3868 seconds (0.1#10.140)