Area Tawaf di Sekeliling Kakbah Kembali Dibuka

Sabtu, 07 Maret 2020 - 09:05 WIB
Area Tawaf di Sekeliling Kakbah Kembali Dibuka
Gambar Kakbah di Masjidil Haram, setelah pemerintah Saudi menangguhkan umrah di tengah kekhawatiran wabah virus corona, di kota suci Mekkah, Arab Saudi. Foto/Al Arabiya
A A A
RIYADH - Mataf atau area keliling Kakbah yang digunakan untuk tawaf kembali dibuka sejak Fajar atau sebelum subuh, Sabtu (7/3/2020) Waktu Arab Saudi (WAS). Pembukaan atas perintah Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ini hanya diperuntukkan bagi jamaah nonumrah.

Demikian laporan kantor berita Arab Saudi, SPA, mengutip Presiden Jenderal Masjid Agung dan Urusan Masjid Nabi Sheikh Abdurrahman bin Abdulaziz Al-Sudais. Tawaf adalah salah satu amal ibadah bagi jamaah haji atau umrah yakni mengelilingi Kakbah dengan arah berlawanan arah jarum jam sebanyak tujuh kali.

Al-Sudais menekankan perlunya mematuhi prosedur pencegahan dan untuk bekerja sama dengan semua pekerja di Masjidil Haram untuk melayani pengunjungnya seperti dilansir dari Al Arabiya.(Baca Juga: Kakbah Ditutup Sementara Antisipasi Virus Corona)

Arab Saudi membuka kembali dua masjid suci pada Jumat pagi setelah mereka ditutup sementara untuk sterilisasi di tengah wabah virus Corona.

Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah ditutup setelah salat Isya pada Kamis untuk pembersihan dan sterilisasi.

Arab Saudi telah mengumumkan pada hari Rabu untuk sementara melarang masuknya warga negara dan penduduknya ke Makkah untuk melakukan umrah atau untuk mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah guna mencegah penyebaran virus Corona.

Itu terjadi seminggu setelah Kerajaan menghentikan masuknya pelancong internasional yang bertujuan untuk melakukan umrah di Makkah atau untuk mengunjungi Masjid Nabawi di Medinah, di samping wisatawan yang bepergian dari negara-negara di mana virus Corona menimbulkan risiko sebagaimana ditentukan oleh otoritas kesehatan Kerajaan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3639 seconds (0.1#10.140)