Ingin Seperti Teman-temannya, Bocah SMP Sikat Motor di Masjid

Jum'at, 06 Maret 2020 - 17:37 WIB
Ingin Seperti Teman-temannya, Bocah SMP Sikat Motor di Masjid
Dua siswa SMP diamankan Polsek Semin, Gunungkidul lantaran mencuri sepeda motor di halaman masjid. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Kepolisian Sektor (Polsek) Semin, Gunungkidul mengamankan doa bocah yang masih duduk di bangku SMP. Keduanya ditangkap lantaran nekat melakukan pencurian sepeda motor di halaman masjid.

Kapolsek Semin AKP Haryanta mengatakan, penangkapan kedua pelajar masing-masing berinisial MI (14), warga Kecamatan Semin, Gunungkidul, dan AR (13), warga Klaten merupakan pengembangan kasus pencurian sepeda motor pada Rabu (20/2/2020) lalu. Sebuah sepeda motor raib saat diparkir di salah satu masjid.

"Kami menerima laporan kehilangan motor dan kita kembangkan. Kemudian mengarah pada dua pelaku," katanya kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

Dijelaskan, polisi kemudian menemukan titik terang keberadaan sepeda motor yang ternyata berada di Jepara, keluarga salah satu pelaku. "Setelah alat bukti lengkap, pelaku kita tangkap dan keduanya mengaku aksi nekat tersebut," kata Haryanta.

Kepada petugas, kedua pelaku mengaku ingin memiliki sepeda motor seperti teman-temannya. Kemudian keduanya mengincar motor yang diparkir di halaman masjid. Aksi keduanya hampir saja gagal lantaran motor sudah dimodifikasi sehingga sulit dihidupkan.

"Namun keduanya tidas habis akal, motor didorong setelah jauh di luar masjid terus didorong dan bisa hidup dan langsung dibawa kabur," katanya.

Meski sudah ditangkap dan diinterogasi dan dijadikan tersangka, keduanya tidak ditahan. Keduanya diancam Pasal 363 Jo Pasal 362 KUHPidana dengan hukuman 5 (lima) sampai 7 (tujuh) tahun penjara.

"Namun karena masih di bawah umur dan berbagai pertimbangan, akhirnya proses yang ditempuh tidak melalui pengadilan alias diversi. Keduanya hanya diwajibkan lapor hari Senin dan Kamis," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1680 seconds (0.1#10.140)