Hujan Deras di Sleman, 6 Rumah Rusak Tertimpa Tebing dan Pohon

Kamis, 05 Maret 2020 - 12:56 WIB
Hujan Deras di Sleman, 6 Rumah Rusak Tertimpa Tebing dan Pohon
Warga Kalinongko Kidul RT 04/13 Gayamharjo, Prambanan, Sleman sedang membersihkan longsoran tebing yang menimpa rumah Slamet, Kamis (5/3/2020). Foto/Dok. FRPB Bandung Bondowoso Prambanan
A A A
SLEMAN - Hujan deras yang menguyur wilayah Sleman, dari Rabu sore hingga Kamis pagi (4-5/3/2020), menyebabkan enam rumah warga rusak tertimpa tebing longsor dan pohon tumbang. Pohon tumbang jugamenimpa jaringan listrik.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, dua rumah rusak tertimpa tebing Dusun Punthuk RT 01/05 dan Dusun Kalinongko Kidul RT 04/13 Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan. Lalu dua rumah rusak di Dusun Sambi RT 04/RW 04 Desa Pakembinangun dan di Dusun Wonorejo RT 2/RW 27 Desa Hargobinangung, Kecamatan Pakem tertimpa pohon tumbang. Adapun dua rumah rusak tertimpa pohon berada di Dusun Japanan RT 3/RW 15, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan dan di Dusun Gatak 1 RT 03 Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan.

Pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik terjadi di Dusun Gondang RT 01/RW 25 Desa Banyurejo, Kecamayan Tempel, di Dusun Boyong RT 4 dan Tenam RT 01/RW 25, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem serta di Dusun Singgla RT 4/RW 4 Desa Glagaharjo, Cangkringan. Pohon tumbang juga melintang di alur Sungai Pelang Jalan Anggajaya III, Condongcatur, Depok.

Selain itu, asbes Masjid Al Kautsar PKU Muhammadiyah yang berada di Jalan Pakem-Cangkringan km 0,4 Pakem Tegal, Pakembinangun, Pakem, beterbangan. "Itulah data yang masuk hingga pukul 11.30 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Kamis (5/3/2020).

Makwan menjelaskan, sebagai tindak lanjut dari kejadian tersebut, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman bersama relawan dan warga melakukan tindakan pembersihan dan assesment. Dari laporan yang masuk untuk pembersihan pohon tumbang yang menimpa rumah dan jaringan listrik kini sudah terkondisi. Sedangkan yang melintang di alur sungai masih dalam proses.

"Untuk pembersihan material tebing longsor, saat ini masih dalam penangganan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7985 seconds (0.1#10.140)