alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UCY Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI

Ainun Najib
UCY Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI
UCY gelar workshop pengembangan kurikulum berbasis KKNI. Foto/Istimewa

YOGYAKARTA - Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) melakukan evaluasi kurikulum setiap lima tahunan. Evaluasi ini merupakan kewajiban setiap perguruan tinggi di Indonesia sebagaimana diwajibkan dalam Standar Nasional Perguruan Tinggi untuk melakukan evaluasi kurikulum setiap lima tahun.

“Sebagai salah satu kampus tertua di DIY, UCY terus berupaya untuk berbenah diri untuk lebih baik dan lebih maju. Salah satu upaya tersebut dengan menggelar Workshop Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sejak 22–23 Februari 2019,” terang Humas UCY, Andrie Irawan SH MH, dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (24/2/2019).

Menurut dosen Fakultas Hukum ini, workshop menghadirkan pembicara Kepala LLDikti Wilayah V DIY, Dr Ir Bambang Supriyadi CES DEA MS dan Sekretaris Kopertais Wilayah III DIY Dr Hisyam Zaini MA. Acara ini diikuti oleh para wakil rektor, dekan dan ketua program studi se-UCY, Lembaga Penjaminan Mutu UCY serta tim Akreditasi Perguruan Tinggi UCY yang merupakan perwakilan dosen dari setiap program studi di lingkungan UCY.



Dr Ir Bambang Supriyadi yang menjadi pembicara di hari pertama menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi harus mengacu pada UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi di segala bidang salah satunya pengembangan Kurikulum berbasis KKNI.

"Pengembangan kurikulum di UCY tentunya sesuai dengan kebutuhan para lulusan dan juga kondisi serta ciri khas dari UCY itu sendiri," terang Bambang.

Pelaksanaan workshop ini juga melibatkan beberapa calon dosen baru. Mereka dibimbing untuk menyusun dan mengevaluasi kurikulum yang ada. Kurikulum yang disusun ini berbasis utama sebagai kampus Nasionalis Islamis yang disesuaikan dengan revolusi industri 4.0 di setiap program studi. Sesi tersebut dibimbing langsung oleh Sekretaris Kopertais III Wilayah DIY Dr Hisyam Zaini MA.

Sementara itu dalam sambutanya, Rektor UCY Ciptasari Prabawanti SPsi MSc PhD menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan awal dalam upaya untuk meningkatkan kualitas UCY. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan penyusunan rencana pembelajaran semester yang akan melibatkan seluruh dosen UCY .

Rektor juga menyebut UCY tengah mengembangkan sistem tatakelola, sistem informasi, sistem penjaminan mutu internal kampus. "Termasuk pembenahan sarana prasarana sebagai pendukung mutu pembelajaran sekaligus persiapan akreditasi PT dan beberapa prodi yang menjelang habis masanya," terangnya.



(mif)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif