Diyakini Bisa Cegah Corona, Empon-Empon Diserbu Warga Purwokerto

Rabu, 04 Maret 2020 - 11:55 WIB
Diyakini Bisa Cegah Corona, Empon-Empon Diserbu Warga Purwokerto
Warga Purwokerto, Banyumas membeli empon-empon di pasar tradisional untuk dijadikan ramuan penangkal virus corona. FOTO/iNews/SALADIN AYYUBI
A A A
BANYUMAS - Pengumuman dua warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona jenis baru, Covid-19 membuat sebagian masyarakat panik. Mereka pun memburu barang-barang yang dianggap bisa mencegah penularan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China tersebut.

Tidak hanya masker, empon-empon atau rempah-rempah juga menjadi barang yang diburu oleh masyarakat umum. Seperti di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Warga banyak yang blusukan ke pasar tradisional untuk membeli empon-empon, seperti kayu manis, jahe merah, ketumbar, daun salam, dan sereh.
Mereka meyakini empon-empon bisa menjaga stamina tubuh agar terhindar dari penyakit, termasuk virus corona.

Salah satu pembeli, Dawiyah mengaku sengaja ke pasar untuk membeli empon-empon. Sebelumnya dia melihat tayang di media sosial bahwa empon-empon bisa mencegah terjangkit virus corona. "Nanti dibuat ramuan minuman untuk daya tahan tubuh," katanya kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).(Baca Juga: Pakai Masker Tingkatkan Risiko Kena Covid-19, Ini Penjelasan Ahli)

Hal yang sama disampaikan Mugiyati, warga lainnya. Menurutnya, empon-empon merupakan bahan tradisional yang telah dikenal lama, sehingga khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. "Empon-empon ini bisa menjaga stamina tubuh agar terhindar dari penyakit, termasuk virus corona. Apalagi, di sejumlah media sosial, empon-empon sudah diberitakan bisa meningkatkan daya tubuh," katanya.(Baca Juga: RSUP Kariadi Sebut Ada Kemungkinan Ledakan Pasien Corona)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3698 seconds (0.1#10.140)