RSUP Kariadi Sebut Ada Kemungkinan Ledakan Pasien Corona

Rabu, 04 Maret 2020 - 07:32 WIB
RSUP Kariadi Sebut Ada Kemungkinan Ledakan Pasien Corona
RSUP dr Kariadi Semarang menyatakan kesiapannya jika terjadi ledakan jumlah pasien yang diduga terpapar virus corona. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - RSUP dr Kariadi Semarang menyatakan kesiapannya jika terjadi ledakan jumlah pasien yang diduga terpapar virus corona. Terlebih saat ini sudah terdapat dua orang yang didiagnosa positif terserang korona di Depok, Jawa Barat.

"Pasti akan ada kemungkinan ledakan (pasien yang memeriksakan kesehatan) tersebut," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi Semarang Agoes Oerip Poerwoko kepada awak media, Selasa (3/3/2020).

Dia menyatakan, terdapat 10 rumah sakit di Jawa Tengah yang menjadi rujukan untuk perawatan pasien corona. Di antaranya adalah RSUP dr Kariadi Semarang, RSUD dr Moewardi Solo, RSUD Kardinah Kota Tegal, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSU Tidar Kota Magelang, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, RSUD Kraton Pekalongan, RS Dr. H Soewondo Kendal, dan RSUD Banyumas.

"Jumat lalu Pak Gubernur sudah mengundang kami termasuk 10 rumah sakit di Jawa Tengah yang sudah di-SK-kan oleh Kementerian Kesehatan menjadi rumah sakit rujukan. Beliau menjanjikan untuk termasuk melengkapi ruang isolasi," katanya.

Dia pun meyakinkan kesiapan pihak rumah sakit baik dari sisi perlengkapan medis maupun sumber daya manusianya. Bahkan, sebelumnya juga telah dilakukan simulasi penanganan pasien terduga corona termasuk proses pemulasaraan jenazah.

"Saya kira justru di awal-awal Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat tentang kewaspadaan dini, kami menjadi salah satu rumah sakit yang mungkin juga di awal-awal melakukan kegiatan simulasi bersama Dinas Kesehatan kota dan provinsi serta jajaran dari kesehatan daerah militer dan Bhayangkara," katanya.

"Jadi dari sisi alur standar prosedur operasional, SDM kita sudah siap. Kemudian dari sarana prasarana sampai saat ini masih cukup aman, termasuk APD lengkap dari kepala sampai ujung kaki bagi para petugas, termasuk masker insya Allah masih aman," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9147 seconds (0.1#10.140)