Letusan Gunung Merapi Sebabkan Hujan Abu Campur Pasir

Selasa, 03 Maret 2020 - 10:17 WIB
Letusan Gunung Merapi Sebabkan Hujan Abu Campur Pasir
Abu tebal menempel di dedaunan dan kendaraan di Kecamatan Sawit, Boyolali, Selasa (3/3/2020). Foto/ISTIMEWA
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi kembali meletus pada pukul 05.22 WIB tadi. Letusan ini membentuk tinggi kolom asap mencapai 6 km dan juga menyebabkan hujan abu serta pasir.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, dari laporan yang diterima dampak hujan abu sampai mencapai radius 10 kilometer. Saat Gunung Merapi meletus angin mengarah ke utara timur.

"Hujan abu bercampur pasir dilaporkan terjadi di wilayah Desa Mriyan, Boyolali yang berjarak sekitar 3 km dari Merapi," katanya kepada wartawan, Selasa (3/3/2020). (Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Kabupaten Boyolali Diguyur Hujan Abu)

Dijelaskan, seperti sebelumnya, letusan juga menimbulkan awan panas dengan jarak luncur 2 km tanpa didahului prekursor yang jelas. "Seismisitas pada tanggal 2 Maret 2020 terdiri dari gempa VTA 1kali, MP 8 kali, LF 2 kali, dan DG 1 kali. Demikian juga deformasi juga tidak menunjukkan perubahan yang signifikan," katanya.

Data observasi tersebut menunjukkan bahwa menjelang letusan, tidak terbentuk tekanan yang cukup kuat karena material letusan didominasi oleh gas vulkanik. (Baca Juga: Gunung Merapi Meletus, Kolom Letusan Capai 6 Km di Atas Puncak)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3556 seconds (0.1#10.140)