15 Honorer K2 Pemkot Salatiga Jalani Tes Seleksi PPPK

Sabtu, 23 Februari 2019 - 13:41 WIB
15 Honorer K2 Pemkot Salatiga Jalani Tes Seleksi PPPK
Sebanyak 15 karyawan honorer K2 Pemkot Salatiga mengikuti tes seleksi PPPK di laboraturium komputer SMKN 1 Salatiga, Sabtu (23/2/2019). FOTO/SINDOnews/ANGGA ROSA
A A A
SALATIGA - Sebanyak 15 karyawan honorer K2 Pemkot Salatiga mengikuti tes seleksi Pegawai Pemeritah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang digelar BKDiklatda di laboraturium komputer SMKN 1 Salatiga, Sabtu (23/2/2019. Ini merupakan tindak lanjut amanat PP 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Kepala BKDiklatda Kota Salatiga Muthoin menyatakan, PP 49 Tahun 2018 mengamanatkan setiap kabupaten/kota daerah berkewajiban untuk menyelenggarakan ujian PPPK. Maka dari itu, BKDiklatda Kota Salatiga melaksanakan tes seleksi berbasis CAT terhadap 15 orang karyawan honorer K2.

"Peserta tes merupakan karyawan K2 yang sudah tercatat di basis data Badan Kepegawaian Negara. Jadi kita tidak bisa menambah atau mengurangi jumlah peserta," ujarnya.

Menurutnya, karyawan honorer K2 di Salatiga ada dua komponen, yakni kalangan pendidikan dan penyuluh pertanian. Dari pertanian ada dua orang yang dulunya adalah karyawan kontrak dengan Kementerian Pertanian. Kemudian dengan perjanjian antara pemerintah kabupaten/kota dengan Kementerian Pertanian yang bersangkutan berhak untuk mengikuti tes PPPK.

Perlu diketahui bahwa asalnya peserta berjumlah 20 orang tapi setelah diverifikasi, satu orang ikut hak Provinsi Jawa Tengah karena yang bersangkutan merupakan guru SMA. Kemudian dua orang lainnya tercatat sudah tidak aktif.

Sedangkan dua orang lainnya lagi tingkat pendidikannya tidak memenuhi syarat. Sesuai aturan peserta tes PPPK pendidikan minimal adalah sarjana (S1).

"Kecuali untuk penyuluh pertanian memang ada spesifik mereka cukup SMA, bisa SMA Pertanian atau SMA Penyuluh Pertanian," jelas Muthoin.

Sementara itu, materi tes yang diujikan terbagi menjadi tiga, yaitu kemampuan dasar, manajerial sosial kultural, wawancara dan tes yang dilaksanakan pada hari ini. Setelah tes selesai segera diketahui hasilnya oleh masing-masing peserta.

"Untuk Kota Salatiga tes hanya dilaksanakan pada hari ini saja karena jumlah pesertanya sedikit. Sementara jumlah komputer yang ada lebih dari cukup. Harapan saya seluruh peserta dapat melaksanakan tes seleksi dengan hasil yang baik dan memenuhi syarat untuk diterima sebagai karyawan dengan status PPPK," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2034 seconds (0.1#10.140)