Hujan Deras, Rumah Tergerus Tanah Longsor di Blora

Minggu, 01 Maret 2020 - 23:04 WIB
Hujan Deras, Rumah Tergerus Tanah Longsor di Blora
Anak kecil melihat bagian rumah hilang terbawa longsor, Minggu (1/3/2020). FOTO/BPBD Blora
A A A
BLORA - Satu rumah warga tergerus longsor setelah hujan deras mengguyur kawasan Blora. Gelontoran air sungai meningkat drastis hingga mengikis dan merobohkan warga.

Kasie Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Blora Meita Nurul mengatakan, peristiwa itu bermula dari hujan lebat pada Sabtu (29/2/2020) di wilayah Kecamatan Cepu. Hujan berlangsung lama hingga mengakibatkan debit dan arus Sungai Bacin meningkat.

"Sekitar pukul 21.00 WIB terjadi longsor di permukiman di RT 4/RW 2 lingkungan Cepu pingiran, Kelurahan Cepu. Akibatnya ada satu rumah warga longsor dan satu rumah terancam longsor," kata Meita, Minggu (1/3/2020).

Rumah yang terbawa longsor merupakan milik Sutardi (67). Tanah yang bangunan rumah itu longsor dengan lebar 10 meter, panjang 10 meter, dan kedalaman 8 meter.

Sementara rumah yang terancam longsor merupakan tetangga Sutardi yakni milik Adi Prasojo (40). Potensi kerusakan rumah terdapat di bagian belakang berupa dapur, kamar mandi, serta kamar tidur yang mulai bergeser dan retak-retak.

"Petugas telah melaksanakan pengecekan dan assessment di lokasi longsoran. Hasil laporan di lapangan akan dikoordinasikan ke instansi terkait untuk rencana penanganan tindak lanjut," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9037 seconds (0.1#10.140)