Warung Berkah Sejati, Makan Gratis Sepuasnya, Bayar Suka-Suka

Minggu, 01 Maret 2020 - 21:06 WIB
Warung Berkah Sejati, Makan Gratis Sepuasnya, Bayar Suka-Suka
Sejumlah pengunjung saat menikmati sajian kuliner di warung Berkah Sejati, Jalan Ngesrep Barat III/32 Semarang, Minggu (1/3/2020). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Rumah makan atau warung di Kota Semarang semakin beragam dalam mengemas sajian kuliner. Salah satunya warung Berkah Sejati di Jalan Ngesrep Barat III/32 Semarang.

Meski baru buka tiga minggu, warung yang berada di pinggir dalam sebuah gang ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Menariknya, di warung yang hanya buka setiap Minggu dari pukul 08.00 hingga habis ini, pembeli bisa makan sepuasnya, bisa gratis atau pun bayar suka-suka. Ya, pemilik warung Berkah Sejati sengaja mendirikan warung yang berorientasi pada kegiatan atau pelayanan sosial.

"Warung ini baru tiga kali buka (setiap hari minggu). Sasarannya ini kan kegiatan sosial yakni bagi orang-orang yang membutuhkan dan orang tidak mampu. Intinya, berbagi sesama yang membutuhkan, tujuannya ke situ. Untuk semua kalangan baik dari kalangan bawah, menengah dan atas," kata pemilik Warung Berkah Sejati, Veronica Jumiarti saat ditemui SINDOnews, Minggu (1/3/2020).

Yang menarik, setiap minggunya warung Berkah Sejati selalu menyajikan menu berbeda. "Meskipun intinya makan gratis, tapi juga ada variasinya. Pada minggu pertama kita sajikan pecel, minggu kemarin nasi ayam, kemudian minggu ini ada nasi gudeg, dan untuk minggu depan kita akan sajikan nasi rawon," tuturnya.

Veronica menjelaskan, untuk menu makanan dan minuman yang disajikan pada setiap minggunya sudah dipasok donatur sukarela. "Jadi uang yang dibayarkan suka-suka, yang dimasukkan ke dalam kotak/box itu tidak pernah dipakai langsung masuk kas untuk pengembangan. Untuk makan tiap minggu sudah ada donatur tetap," ujarnya.

Veronica menambahkan, donatur juga menyalurkan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada orang sakit hingga membantu orang tak mampu.

Pihaknya berharap kegiatan yang bersifat sosial ini bisa berkembang, semakin bagus ke depannya untuk orang yang lebih membutuhkan bantuan, dalam hal materi, beasiswa, ataupun orang sakit.

"Kita ingin bahwa warung Berkah Sejati ini bisa menjadi ladang Tuhan untuk berbagi sesama. Ke depannya kita berencana buka seminggu dua kali atau tiga kali. Arti dari Berkah Sejati itu kan berkah yang sejati yang tak pernah habis. Berkah semua kalangan, sejati langgeng," katanya.

Untuk melayani pengunjung, pihaknya melibatkan tujuh orang yang meliputi empat orang juru masak, dua pengurus dan satu orang tukang parkir. Mereka yang terlibat merupakan warga sekitar.

Sementara, hadirnya warung Berkah Sejati ini disambut antusias sejumlah pengunjung. "Saya kira bagus juga, kebetulah pas hari Minggu juga. Tadi saya kebetulan dari rumah belum makan. Lewat ngantar food dicegat tukang parkir suruh makan," ungkap Slamet, warga Ketileng Semarang. "Saya berharap, keberadaan warung ini bisa lebih diramaikan lagi, dan tentu tempatnya strategis biar ramai," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2387 seconds (0.1#10.140)