alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Karena Virus Corona, Amazon Larang Jutaan Barang Dijual

Intan Rakhmayanti
Karena Virus Corona, Amazon Larang Jutaan Barang Dijual
Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos. FOTO/ Reuters

BEIJING - Lebih dari 1 juta produk telah dilarang untuk diperdagangkan oleh eCommerce Amazon.com Inc. Larangan ini diklaim bisa mengobati atau mencegah virus corona yang selama beberapa pekan terakhir menyebar begitu masif.

Amazon juga menghapus puluhan ribu produk dari penjual-penjual yang melambungkan harga. Produk-produk yang dijual dengan harga sangat tinggi umumnya berupa produk kesehatan seperti masker.

"tidak ada tempat untuk harga yang mencekik di Amazon," kata juru bicara Amazon dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Sabtu (29/2/2020).



Pada platform eCommerce tersebut ditemukan pedagang yang menjual 10 pak masket N95 seharga 128 dolar. Padahal jika dibandingkan pada situs pembanding harga camelcamelcamel.com, harga tersebut melambung jauh dari harga asli yang hanya 41,24 dolar.

Ada juga pedagang yang menjual dua pak respirator seharga 24,55 dolar, dari harga rata-rata 6,65 dolar. Amazon mengaku telah memantau lonjakan harga dan klaim palsu melalui tinjauan campuran yakni otomatis dan manual.

Virus corona telah menyebabkan setidaknya 2.797 kematian secara global. Infeksi baru yang dilaporkan di seluruh dunia sekarang jumlahnya malah melebihi jumlah di China.



(nun)