Ratusan Calon Jemaah Umrah Pekalongan Terpaksa Tunda Keberangkatan

Sabtu, 29 Februari 2020 - 12:48 WIB
Ratusan Calon Jemaah Umrah Pekalongan Terpaksa Tunda Keberangkatan
Moratium umrah membuat ratusan calon jemaah umrah di Kota Pekalongan terpaksa harus menunda keberangkatannya ke Tanah Suci. FOTO : IST
A A A
PEKALONGAN - Adanya kebijakan penyetopan sementara kedatangan seluruh warga negara asing ke Arab Saudi untuk melaksanakan umrah maupun wisata ziarah menyebabkan ratusan calon jemaah umrah di Kota Pekalongan terpaksa harus menunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Padahal, para jemaah itu sudah jauh-jauh hari telah mendaftar umrah, membayar semua biaya perjalanan ibadah umrah, telah dijadwalkan keberangkatannya, serta telah melakukan tasyakuran di kampungnya masing-masing.

Bahkan, ada pula satu bus berisi rombongan jemaah umrah asal Kota Pekalongan yang berangkat melalui Alfairus Tours, salah satu Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah di Kota Pekalongan, pada Kamis (27/2/2020) yang terpaksa harus putar arah kembali ke Pekalongan. Meskipun saat itu, bus tersebut sedang dalam perjalanan ke arah bandara di Jakarta. Itu dilakukan begitu mendengar kabar terbaru secara resmi tentang penyetopan sementara seluruh orang yang akan masuk ke Arab Saudi.

Hal ini sebagaimana disampaikan Direktur Alfairus Tours, H Machrus Abdullah kepada , Sabtu (29/2/2020).

"Kemarin ada satu bus berisi 45 jemaah dari Alfairus yang berangkat dari Pekalongan terpaksa batal berangkat. Padahal busnya sudah mau masuk tol. Begitu dapat informasi dari teman-teman kami yang mengurusi di bandara tentang kabar itu, bahwa penerbangan ke Arab Saudi hari itu semuanya dibatalkan, ya terpaksa rombongan jemaah kami balik arah, kembali lagi ke Pekalongan," katanya.

Selain itu, kata Machrus, rencananya pada tanggal 4 Maret mendatang akan ada lagi 45 orang jemaah yang dijadwalkan berangkat umrah, terpaksa ditunda keberangkatannya. "Mau tidak mau ya harus ditunda dulu keberangkatannya, sambil menunggu informasi lebih lanjut. Untuk kepastiannya kapan bisa diberangkatkan, kita belum tahu," ungkapnya.

Machrus menuturkan, pihaknya menerima informasi secara resmi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, Pemerintah Indonesia, maupun pihak yang mengurusi tiket, muasasah, maupun visa pada Kamis (27/2/2020).

Dari informasi yang diterimanya itu juga belum menyebutkan kapan kepastian jemaah umrah kembali bisa masuk ke Arab Saudi.

"Jemaah kami sudah banyak yang menanyakan dan minta penjelasan ke kami, kapan kepastian bisa berangkat lagi. Kita tidak bisa memastikan, karena pihak pemerintah Saudi maupun pihak terkait di sana belum memberitahu kapan pastinya," terangnya.

Pihaknya berharap kepada Pemerintah Arab Saudi untuk segera mengizinkan jemaah umrah, khususnya dari Indonesia untuk bisa masuk ke Arab Saudi. Apalagi, di Indonesia tidak ada indikasi terkena virus corona.

Machrus juga berharap kepada Pemerintah Indonesia untuk terus melobi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar membolehkan jemaah asal Indonesia masuk ke sana, khususnya jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya.

"Dikarenakan jemaah umrah dari Indonesia tiap hari jumlahnya ribuan. Kalau terlalu lama tertunda, pastinya akan terjadi penumpukan dan akan memunculkan masalah baru. Sebab, ada tiga komponen yang tidak bisa dipisahkan, yakni tiket, hotel, dan visa. Tiketnya ada, tapi hotel tidak bisa, terus mau tidur dimana, kemudian juga visa tidak bisa, jadi tambah repot," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh calon jemaah umrah untuk tidak mudah mempercayai informasi yang belum jelas yang telah beredar.

"Kepada jemaah, khususnya jemaah Alfairus, kalau ada informasi dari luar jangan langsung mudah percaya, mungkin banyak info yang kurang valid. Lebih baik tanyakan ke kami langsung karena kami yang mengupdate informasi resmi dari pemerintah Saudi, pihak terkait, maupun dari asosiasi," ungkapnya.

"Tentunya, kita sangat berharap para jemaah ini bisa secepatnya diberangkatkan, karena semakin lama tertunda keberangkatannya, juga akan semakin menjadi beban bagi kami," imbuh Machrus.

Hal senada disampaikan Kabag Haji dan Umrah KBIH Assalamah Kopena, H Ahmad Adib, saat ditemui Graha Albaika Pekalongan. Dia menuturkan, dengan adanya penyetopan sementara seluruh jemaah umrah oleh pemerintah Arab Saudi itu, pihaknya terpaksa menunda keberangkatan puluhan orang jemaah.

"Hari ini dijadwalkan akan diberangkatkan sebanyak 26 orang untuk ibadah umrah, tapi akhirnya terpaksa dibatalkan. Kita menunggu informasi lebih lanjut lagi," katanya.

Salah satu calon jemaah umrah Alfairus, Eni, warga Batang, menuturkan dirinya semula dijadwalkan akan berangkat umrah pada 4 Maret mendatang. Diapun harus pasrah keberangkatannya untuk umrah tertunda.

"Ya mau gimana lagi, terpaksa ditunda. Saya rencananya akan berangkat bareng suami. Harapannya bisa secepatnya ada kepastian kapan bisa berangkat," ungkapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4329 seconds (0.1#10.140)