Diajak Makan Bareng Ganjar, Dua Pengemis Ini Lantunkan Salawat

Jum'at, 22 Februari 2019 - 20:53 WIB
Diajak Makan Bareng Ganjar, Dua Pengemis Ini Lantunkan Salawat
Gubernur Ganjar Pranowo saat makan bareng Sofyah (47) dan Suwartinah (40) di Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2019). FOTO/ IST
A A A
MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nampak sumringah mendengar lantunan salawat dari Sofyah (47) dan Suwartinah (40). Mereka adalah pengemis yang biasa mangkal di jalan Tentara Pelajar Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2019).

"Salatullah salamullah ala toha rasulillah salatullah salamullah ala Yasin habibillah," ucap mereka.

Sofyah dan Suwartinah memilih melantunkan salawat saat diminta Ganjar untuk menyanyikan lagu usai menyantap kupat tahu. Diiringi pengamen yang biasa mangkal di jalan Tentara Pelajar Kota Magelang, lantunan selawat mereka pun menggoda Ganjar untuk mengikuti.

"Tawasalna bibismillah wabilhadi rasulillah wakulli mujahidi lillah biahlil badri ya Allah," ucapnya.

Saat tiba waktu makan siang, Ganjar langsung mampir di warung Kupat Tahu Pojok di Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang. Kupat tahu itu memang sering jadi jujukan Ganjar untuk mengganjal perut. Selain itu, merdunya suara pengamen yang mangkal di situ juga jadi daya tarik sendiri bagi Ganjar.

Begitu turun dari mobil, Ganjar yang hendak langsung masuk warung, tiba-tiba dicegat dua wanita baya, mereka hanya ingin sekadar salaman. "Lha wes mangan durung (sudah makan belum)," tanya Ganjar, yang akhirnya langsung ngajak mereka santap siang.

Sembari menunggu kupat tahu disajikan, mereka nampak asyik ngobrol sambil diiringi pengamen yang juga biasa mangkal di depan warung tersebut. "Asli kulo (saya) Grabag, Pak. Biasanya nggih namung buruh tandur. 15 ribu setengah hari upahe," sebut Sofyah.

"Kalau tidak di sawah, saya buat kerajinan tas keranjang, pak," imbuh Suwartinah.

Mengemis, menurut pengakuan mereka adalah sebagai sampingan saat tidak musim tanam. "Ini saja baru dapat empat ribu, ini nanti dibagi dua," katanya.

Begitu pesanan tiba, dua perempuan tersebut lantas menyantap kupat tahu. Oleh Ganjar, diapun diminta untuk pesan beberapa porsi untuk anak-anak. Maklum, Sofyah punya 4 anak dan 7 cucu, sementara Suwartinah punya 3 anak.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3681 seconds (0.1#10.140)