Gembiranya Pegawai Setwan DPRD saat Berpakaian Adat Khas Kendal

Jum'at, 28 Februari 2020 - 16:42 WIB
Gembiranya Pegawai Setwan DPRD saat Berpakaian Adat Khas Kendal
Pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD Kendal berfoto bareng usai apel pagi sebelum memulai pekerjaan, Jumat (28/2/2020). FOTO/Dok Humas DPRD Kendal
A A A
KENDAL - Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal tampil beda dari biasanya, Jumat (28/2/2020). Pegawai pria berpakaian adat khas Jawa, baju beskap, jarik lengkap dengan blangkon sebagai penutup kepala. Sementara bagi perempuan mengenakan kebaya.

Pemandangan yang sama juga dijumpai di lingkungan Sekretariat DPRD (Setwan) Kendal. Jika biasanya pada Jumat mereka mengenakan kostum olahraga, hari ini mereka berpakaian adat khas Kendal.

Menurut Sekretaris DPRD Kendal, H Anwar Haryono, sebagaimana diterangkan melalui Kasubag Humas Winggar Krismoyoga, kostum pakaian adat tersebut sesuai Surat Edaran Bupati Kendal nomor 065/048/2020 tentang Pakaian Dinas bagi Pegawai di lingkungan Pemkab Kendal.

"Dalam edaran itu di antaranya setiap tanggal 28, semua pegawai berpakaian adat khas Kendal. Ini berlaku untuk semua pegawai baik ASN maupun non ASN," kata Winggar.

Pada hari pertama berpakaian adat di lingkungan kerja mendapat beragam pendapat dari pegawai. Umumnya, mereka merespons positif dan menyambutnya dengan gembira.

"Awalnya kurang pede, seperti mau kondangan saja. Tapi melihat antusiasme teman-teman yang lain jadi tambah semangat. Apalagi dengan berpakaian adat kita ikut menjaga warisan budaya," kata Diana, seorang ASN di lingkungan Setwan.

Meski berpakaian adat, aktivitas pekerjaan tetap berjalan seperti biasanya. Meski diakui mengurangi keleluasaan bergerak, tapi hal itu tidak menjadi kendala. "Yang penting itu semangatnya. Kapan lagi kita berpakaian adat kalau tidak ada himbauan seperti ini. Suasana kerja juga jadi tambah asik," kata Afif Abdillah, staf non ASN penuh semangat.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8308 seconds (0.1#10.140)