Musim Paceklik, Nelayan Kendal Nekat Congkel Kotak Amal Masjid

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:49 WIB
Musim Paceklik, Nelayan Kendal Nekat Congkel Kotak Amal Masjid
Seorang nelayan diamankan jajaran Polsek Weleri dan Polres Kendal setelah tertangkap tangan mencongkel kotak amal di Masjid Baitusolihin di Desa Montongsari, Weleri, Kendal. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Seorang nelayan diamankan jajaran Polsek Weleri dan Polres Kendal setelah tertangkap tangan mencongkel kotak amal di Masjid Baitusolihin di Desa Montongsari, Weleri. Pelaku mengaku nekat mencuri kotak amal karena terdesak kebutuhan ekonomi di masa paceklik ini.

Tersangka bernama Suyanto warga Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kendal. Dia melakukan aksinya pada Rabu (26/2/2020) malam. Petugas Polsek Weleri yang sedang berpatroli menangkap pelaku usai membobol kotak amal dan membawa kabur uang sebesar Rp2,8 juta. Polisi juga mengamankan uang curian obeng dan linggis yang digunakan untuk mencongkel kotak amal.

Wakapolres Kendal Kompol Sumiarta mengatakan, pelaku termasuk cerdik karena beraksi sebelum jadwal kotak amal dibuka. Kotak amal biasanya dibuka Jumat siang, tapi dia sudah mengambilnya tadi malam, sehingga isi kotak masih penuh.

"Pelaku mencongkel kotak amal dan mengambil seluruh isi kotak berupa uang koin dan uang kertas dengan jumlah Rp2,8 juta,” katanya saat gelar kasus, Kamis (27/2/2020).

Sementara, Suyanto mengaku nekat mencongkel kotak amal di masjid karena terdesak kebutuhan sehari-hari. Saat ini nelayan seperti dirinya tengah paceklik lantaran cuaca ekstrem, sehingga tidak bisa melaut.

Tersangka bakal dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancamannya selama-lamanya tujuh tahun penjara.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6106 seconds (0.1#10.140)