Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia Meluncur ke Angkasa

Jum'at, 22 Februari 2019 - 12:08 WIB
Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia Meluncur ke Angkasa
Roket Falcon 9 yang membawa Satelit Nusantara Satu saat akan diluncurkan ke orbitnya di angkasa. FOTO/IST
A A A
FLORIDA - Nusantara Satu, satelit komunikasi broadband milik Indonesia, baru saja diluncurkan ke orbit luar angkasa. Satelit ini melesat ke angkasa menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan penerbangan luar angkasa, SpaceX.

Dikutip dari laman The Verge, Jumat (22/2/2019), meskipun saat peluncuran kondisi cuaca buruk, Falcon 9 berhasil melaluinya.

Satelit ini dioperasikan oleh perusahaan satelit, Indonesia Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Menurut SpaceX, peluncuran satelit Nusantara Satu akan menyediakan konektivitas internet sebagai "high-throughput satellite" pertama di Indonesia.

Selain menerbangkan Nusantara Satu, Falcon 9 juga turut membawa misi pendaratan bulan milik Israel bernama Baresheet. Misi pendaratan bulan tersebut diharapkan akan tiba pada April.

Jika sukses, Israel akan bergabung dengan negara pendahulu yang sudah sukses mendaratkan misi di bulan seperti Amerika Serikat, Rusia, dan China.

Falcon 9 akan menurunkan pendaratan ini sekitar 60.000 kilometer di angkasa. Begitu dilepaskan dari kendaraan, robot kemudian akan menggunakan mesin buatan Inggris menuju bulan. Baresheet sendiri dikembangkan oleh badan nirlaba SpaceIL Israel.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5349 seconds (0.1#10.140)