80 Persen Kota Pekalongan Terendam Banjir, Polda Jateng Turun Tangan

Selasa, 25 Februari 2020 - 17:11 WIB
80 Persen Kota Pekalongan Terendam Banjir, Polda Jateng Turun Tangan
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan jajaran saat meninjau lokasi terdampak banjir di Kota Pekalongan, Selasa (25/2/2020). FOTO : Dok Humas Polda Jateng
A A A
SEMARANG - Sekitar 80 persen wilayah Kota Pekalongan terdampak banjir setinggi rata-rata 30 cm akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (23/2/2020) sore. Kondisi tersebut mendorong Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan jajarannya turun langsung mengunjungi korban banjir terdampak banjir.

Kapolda dan jajaran didampingi Walikota Pekalongan HM Saelany Mahfudz dan Bupati Pekalongan Asip Kolbihi tampak mengunjungi tempat pengungsian warga yang terdampak banjir di Masjid Al Karomah Kecamatan Pekalongan Barat, Selasa (25/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut Polda Jateng memberikan bantuan kepada korban banjir seperti sembako, makanan, obat-obatan, hingga perlengkapan anak.

"Kami datang ke sini sebagai bentuk rasa persaudaraan kita, rasa kasih sayang kita, saling berbagi saling membantu untuk memberikan bantuan dan jalan keluar atas musibah banjir yang terjadi," ungkap Kapolda.

Guna menjamin keamanan warga, mantan Gubernur Akpol itu meminta kepada warga untuk tetap berada di dalam pengungsian sampai air kembali surut.

"Tetap tinggal disini dulu sampai air surut. Rumahnya akan dijaga oleh tentara dan polisi, tenang. Kalau mau berangkat lihat rumah lapor dulu ke polisi atau tentara biar aman. Jangan berangkat diam diam malam-malam nanti ada air tinggi lagi kesulitan untuk kembali kesini," pintanya.

Jenderal bintang dua itu juga meminta warga untuk memanfaatkan posko gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah yang telah disediakan. Posko siap membantu kebutuhan pengungsi dan menyediakan pelayanan kesehatan hingga pengamanan.

Selain ke tempat pengungsian, Kapolda juga meninjau lokasi banjir lain diantaranya di kecamatan Tirto. Selain kecamatan Tirto dan kecamatan Pekalongan Barat, banjir juga mengenangi wilayah kecamatan Pekalongan Timur, Selatan, dan Buaran. Bahkan hingga meluas di kecamatan Pekalongan utara yang hampir 75 persen wilayahnya terendam banjir setinggi 40 cm.

Sementara itu, hingga saat ini tercatat sudah ada 1.587 orang pengungsi di kecamatan Pekalongan Barat yang memenuhi tempat pengungsian.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.5769 seconds (0.1#10.140)