alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan Deras Guyur Kulonprogo SD Widoro Kebanjiran

kuntadi
Hujan Deras Guyur Kulonprogo SD Widoro Kebanjiran
Hujan deras membuat SD Widoro di Pedukuhan Pereng, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, kebanjiran. FOTO: iNews/Kuntadi

KULONPROGO - Tiga ruang kelas, berikut ruang guru dan komputer di SD Widoro yang terletak di Pedukuhan Pereng, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Senin 24-02-2020 sore ini kebanjiran. Ketinggian air mencapai 30 centimeter. Usai kebanjiran warga melakukan kerjabhakti bersih-bersih sekolah.

“Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB, ketinggian air sampai betis orang dewasa,”jelas Kepala SD Widoro, Edy Maryani, Senin (24/2/2020).

Beruntung, saat kejadian, seluruh siswa sudah dipulangkan. Begitu mendung gelap, siswa dipulangkan pukul 12.45 WIB. Mestinya mereka belajar di sekolah sampai dengan pukul 15.00 WIB.



Sekolah ini sebenarnya jarang kebanjiran. Sejak 2002 tidak pernah lagi kebanjirans etelah dibuat sekolah permanen. Namun hujan kemarin cukup deras dan menjadikan dua selokan yang ada di depan sekolah meluap Akibatnya air yang masuk ke halaman sekolah masuk ke ruang kelas dan komputer.

“Kerugian tidak ada, hanya sempat kebanjiran. Semuanya sudah kita naikkan,”ujarnya.

Berita SD Widoro kebanjiran sempat viral. Begitu hujan reda, wali siswa berdatangan ke sekolah untuk bekerja bhakti membersihkan ruang kelas yang sempat terendam. Menggunakan mesin diesel, mereka menyemrot ruangan kelas yang banyak terdapat lumpur tersisa.

“Ini kesadaran tersendiri, biar segera bersih dan besok bisa dipakai untuk sekolah,” jelas M Fazid, salah satu orang tua siswa.



(nun)