Politikus Nasdem Nyalon Bupati Gunungkidul lewat Jalur Independen

Senin, 24 Februari 2020 - 15:40 WIB
Politikus Nasdem Nyalon Bupati Gunungkidul lewat Jalur Independen
Politiksu Partai Nasdem Anton Supriyadi (baju putih) bersama Suparno menyerahkan berkas pendaftaran calon bupati melalui jalur independen di KPU Gunungkidul, Minggu (23/2/2020) malam. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
GUNUNGKIDUL - Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Gunungkidul Antono Supriyadi mengambil langkah mengejutkan menjelang pelaksanaan Pilkada 2020. Dengan menggandeng seorang aparatur sipil negara (ASN), dia mendaftarkan diri menjadi bakal calon bupati melalui jalur perseorangan atau independen.

Anton yang merupakan anggota DPRD dari Fraksi Nasdem datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul bersama pasangannya Suparno dengan membawa 51.340 dukungan suara pada Minggu (23/2/2020) malam atau menjelang penutupan pendaftaran. Suparno sendiri merupakan pegawai sekretariat DPRD Gunungkidul.

"Kami menerima berkas penyerahan dukungan pasangan perseorangan atas nama Anton Supriyadi-Suparno kemudian melakukan verifikasi tahap pertama berupa penelitian kelengkapan dokumen pendukung," kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Dijelaskan, setelah dilakukan verifikasi, sebanyak 46.169 dokumen yang memenuhi syarat verifikasi tahap pertama. "Syarat dukungan adalah 45.433 dukungan, makanya kita terus verifikasi hingga proses verifikasi faktual. Jika sudah sesuai dengan ambang batas dukungan maka lolos proses verifikasi," katanya.

Selain Anton yang sudah menjadi wakil rakyat dua periode, menjelang tengah malam, KPU Gunungkidul menerima berkas pendaftaran pasangan dari jalur independen lainnya, Kelik Agung Nugroho dan Yayuk Kristiawaty. Pasangan ini membawa 46.879 bukti dukungan. "Untuk Pasangan Kelik-Yayuk masih kita periksa berkasnya," kata Hani.

Sementara, Anton Supriyadi mengaku optimistis dengan langkahnya tersebut. Dia siap dipecat dari induk partai karena telah berani maju menjadi cabup lewat jalur Independen. "Ini sudah pilihan dan saya yakin. Saya siap dengan konsekuensi dipecat partai," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5744 seconds (0.1#10.140)